Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Analisa Dan Evaluasi Minggu Ke 4 Bulan Mei 2011

Polda - Biro Operasi

POLDA KEP. BABEL, BIRO OPERASI - Dari Anev Mingguan yang dilaksanakan Polda Kep. Bangka Belitung, berkaitan dengan Trend Perkembangan Situasi Gangguan Kamtibmas harian yang masuk di Bagian Pengendalian Operasi (BagdalOps) Biro ops Polda Kep. Bangka Belitung pada minggu ke 4 (16 s/d 22 Mei 2011) dibandingkan minggu ke 3 ( 9 s/d 15 Mei 2011), Jumlah Tindak Pidana ( JTP ) yang terjadi Minggu ke 4 adalah sebanyak 30 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 3 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 33 kasus.

Dari Trend perkembangan Gangguan Kamtibmas di atas dalam minggu ke-4 masih didominasi Kejahatan Konvensional sebanyak 28 Kasus. Jumlah seluruh Tindak Pidana dapat di rinci menjadi Empat Golongan yaitu sebagai berikut :

  1. Jumlah Tindak Pidana (JTP) Konvensional yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 28 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 4 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 32 kasus, dari data di atas di dalam minggu ke-4 jumlah 5 peringkat tindak pidana teratas masih didominasi oleh kasus- kasus seperti Pencurian dengan Pemberatan (Curat) sebanyak 5 kasus, Pencurian biasa (Curbis) sebanyak 5 kasus, Pemerkosaan sebanyak 5 kasus Penganiayaan 2 kasus serta Perbuatan tidak menyenangkan juga sebanyak 2 kasus.

  2. Jumlah Tindak pidana (JTP) Trans Nasional Crime yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 0 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 1 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 1 kasus yaitu kasus Trafficing

  3. Jumlah Tindak Pidana (JTP) Terhadap Kekayaan Negara yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 2 kasus atau mengalami kenaikan sebanyak 2 kasus dibandingkan dengan minggu ke 3 yaitu terjadi sebanyak 0 kasus, yaitu kasus Minyak dan gas Alam (migas) dan Ilegal Minning masing- masing sebanyak 1 kasus.

  4. Jumlah Tindak Pidana (JTP) Kontinjensi yang terjadi Minggu ke 4 dibanding minggu ke 3 tidak mengalami perubahan dikarenakan tidak ada kasus Tindak Pidana yang berpotensi Kontinjensi.

  5. Laka lantas yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 5 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 2 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 7 kasus.

Dari berbagai trend Gangguan Kamtibmas yang mengalami kenaikan telah diberikan beberapa arahan kepada satuan wilayah atau satuan kerja di Polda kep. Babel antara lain sebagai berikut :

  1. Fungsi Intelijen :
    1. Meningkatkan Deteksi dini dan mengumpulkan bahan keterangan sebagai bahan analisa pembuatan perkiraan khusus Intelijen.
    2. Meningkatkan penggalangan dan memperluas jaringan Intelijen untuk memperoleh semua informasi tentang IPOLEKSOSBUDKAM.
    3. Mengintensifkan pembuatan laporan Informasi bagi seluruh anggota Polri.

  2. Fungsi Reskrim :
    1. Meningkatkan kegiatan Penyelidikan Pelaku kejahatan untuk mengungkap kasus - kasus yang belum terungkap.
    2. Tetap konsisten melakukan penindakan secara tegas, lugas, tuntas dan terukur sesuai perundang - undangan yang berlaku sehingga dapat lebih Proporsional dan Profesional.
    3. Mengaktifkan kembali Kring Reserse dan melakukan Pemetaan wilayah rawan Kamtibmas.
    4. Berkoordinasi secara aktif dengan pihak Jaksa Penuntut Umum dan Pengadilan Negeri.

  3. Fungsi Lalu Lintas :
    1. Meningkatkan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli di Jalur – jalur yang rawan pelanggaran dan laka lantas.
    2. Meningkatkan Razia kendaraan bermotor dan bertindak tegas bagi pelanggar lalin dengan menggunakan tilang sesuai prosedur yang berlaku.
    3. Berkoordinasi secara aktif dengan Dinas LLAJ Propinsi, Kabupaten, dan Kota dan PT Jasa Raharja untuk menempatkan Rambu, Marka, dan Apil di jalur jalan rawan kecelakaan.

  4. Fungsi Sabhara :
    1. Mengintensifkan kegiatan patroli secara efektif dan efisien di Wilayah rawan pada jam – jam tertentu dengan menggunakan cara bertindak yang berubah – ubah.
    2. Dalam melaksanakan Patroli hunting system agar lebih tajam untuk meneliti dan mengamati lebih mendalam orang, barang, dan tempat yang di anggap mencurigakan.
    3. Melaksanakan Pengaturan lalu lintas pada lokasi dan wilayah yang rawan pelanggaran lantas bersama – sama dengan fungsi lantas.
    4. Melaksanakan pengamanan proyek dan Objek Vital yang rawan terjadi tindak Pidana / kejahatan.

  5. Fungsi Binamitra :
    1. Lebih meningkatkan program Polmas di wilayah hukum masing – masing.
    2. Mengintensifkan kegiatan sambang desa, pembinaan dan penyuluhan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di wilayah masing - masing.
    3. Mengintensifkan penyebaran pesan - pesan kamtibmas melalui Media cetak dan Elektronik.

  6. Satuan Wilayah atau Polres jajaran
    1. Fungsi Preemtif
      1) Intelkam
      • Meningkatkan Deteksi dini dan mengumpulkan bahan keterangan.
      • Meningkatkan penggalangan dan memperluas jaringan Intelijen.

      2) Binmas
      • Meningkatkan program Polmas.
      • Sambang desa, pembinaan dan penyuluhan kepada TOMAS, TOGA, dan dan TODA.
      • Penyebaran pesan Kamtibmas.

    2. Fungsi Preventif
      Shabara dan Lalu Lintas
      • Meningkatkan Pengaturan di jalan – jalan rawan laka lantas.
      • Meningkatkan Pengaturan di jalan – jalan rawan laka lantas.
      • Meningkatkan Penjagaan di Objek Vital dan rawan tindak Kriminalitas
      • Melaksanakan Pengawalan kepada masyarakat yang membutuhkan. - Meningkatkan Patroli R4 dan R2

    3. Fungsi Represif
      Reserse Kriminal
      • Meningkatkan kegiatan Penyelidikan dan Penyidikan.
      • Mengaktifkan kembali Kring Reserse
      • Melakukan Penindakan secara terukur.

Demikian Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas Polda Kep. Bangka Belitung pada Minggu ke 4 dibandingkan Minggu ke 3 bulan Mei 2011, diharapkan peran serta masyarakat untuk selalu menjaga diri dengan menjadikan Polisi pada dirinya sendiri, Terimakasih.


Artikel Terkait :

» Polisi Terus Dalami Jenis Senjata yang Digunakan Saat Tembak Korban 22 Mei

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Polisi masih mendalami pengguna dan jenis senjata yang digunakan untuk melepas peluru berkaliber 5,56 milimeter dan 9 milimeter saat kerusuhan di Jakarta pada 21-22 Mei 2019. Kaliber peluru...

» 3 Kelompok Pericuh Rusuh 21 22 Mei Polri Akan Telusuri Keterkaitannya

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Jakarta, Aparat kepolisian masih mendalami keterkaitan tiga kelompok penunggang gelap yang melakukan kericuhan pada aksi massa 21 Mei-22 Mei 2019 di sejumlah wilayah Jakarta. "Sebanyak 442 orang sudah...

» Pemasok senjata api demo rusuh 21 22 mei seorang wanita

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Jakarta, Mabes Polri menyebutkan pemasok senjata untuk kerusuhan aksi 22 Mei 2019 adalah seorang perempuan berinisial AF alias Fifi, warga Rajawali, Pancoran, Jakarta Selatan. Kadiv Humas Polri Irjen Pol....

» Kapolda: Menjelang Penetapan Hasil Pemilu 22 Mei Babel Relatif Kondusif

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Menjelang penetapan hasil Pemilu 2019 pada 22 Mei 2019 esok keamanan di Provinsi Bangka Belitung masih relatif kondusif, Kapolda Bangka Belitung (Babel) Brigjend (Pol) Istiono memastikan kondisi Babel dalam situasi yang...

» Jaga Aksi 22 Mei, Polri Hanya Boleh Bawa Tameng dan Gas Air Mata

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Polisi yang mengamankan Aksi 22 Mei hanya akan membawa tameng, water canon, dan gas air mata untuk menghadapi gerakan protes terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan mengumumkan hasil rekapitulasi nasional...

» 29 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88AT Selama Mei 2019

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Kadiv Humas Polri Irjen  Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. mengatakan Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88AT) Polri telah menangkap total 29 terduga teroris selama Mei 2019. Mereka disebut sebagai bagian...

» Sidang Akhir SIP Dikreg Ke 48 Tahun 2019, 13 Peserta Dinyatakan Lulus

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Tahapan seleksi bagi calon peserta Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Dikreg Ke 48 memasuki babak akhir. Bertempat di Gedung Tribrata Polda Kep. Babel, Sidang Wanjak Penetapan Kelulusan Akhir seleksi penerimaan...

» Div Propam Mabes Polri Kunjungi Polda Babel dalam Rangka Pembinaan dan Evaluasi

Polda Kep. Bangka Belitung,Bid Humas.- Polda Kep. Bangka Belitung laksanakan superfisi Div Propam Polri, dalam rangka penegakan kode etik profesi yang di pimpin oleh Karowabprof Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Eko Sukriyanto yang di dampingi Kabid...

» Polsek Air Gegas Rutin Lakukan Pengamanan Ibadah Mingguan Gereja

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Guna menciptakan situasi aman dan kondusif saat pelaksanaan ibadah mingguan umat kristiani, Polsek Air Gegas melakukan pengamanan di 2 gereja di Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (5/8/18).

» Ciptakan Rasa Aman, Polsek Jebus Rutin Laksanakan Pengamanan Ibadah Mingguan Di Gereja

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi jemaat yang melaksanakan ibadah mingguan di Gereja di wilayah hukumnya, Polsek Jebus rutin menggelar pengamanan dan patroli. Seperti halnya pada...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian