Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Analisa Dan Evaluasi Minggu Ke 4 Bulan Mei 2011

Polda - Biro Operasi

POLDA KEP. BABEL, BIRO OPERASI - Dari Anev Mingguan yang dilaksanakan Polda Kep. Bangka Belitung, berkaitan dengan Trend Perkembangan Situasi Gangguan Kamtibmas harian yang masuk di Bagian Pengendalian Operasi (BagdalOps) Biro ops Polda Kep. Bangka Belitung pada minggu ke 4 (16 s/d 22 Mei 2011) dibandingkan minggu ke 3 ( 9 s/d 15 Mei 2011), Jumlah Tindak Pidana ( JTP ) yang terjadi Minggu ke 4 adalah sebanyak 30 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 3 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 33 kasus.

Dari Trend perkembangan Gangguan Kamtibmas di atas dalam minggu ke-4 masih didominasi Kejahatan Konvensional sebanyak 28 Kasus. Jumlah seluruh Tindak Pidana dapat di rinci menjadi Empat Golongan yaitu sebagai berikut :

  1. Jumlah Tindak Pidana (JTP) Konvensional yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 28 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 4 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 32 kasus, dari data di atas di dalam minggu ke-4 jumlah 5 peringkat tindak pidana teratas masih didominasi oleh kasus- kasus seperti Pencurian dengan Pemberatan (Curat) sebanyak 5 kasus, Pencurian biasa (Curbis) sebanyak 5 kasus, Pemerkosaan sebanyak 5 kasus Penganiayaan 2 kasus serta Perbuatan tidak menyenangkan juga sebanyak 2 kasus.

  2. Jumlah Tindak pidana (JTP) Trans Nasional Crime yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 0 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 1 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 1 kasus yaitu kasus Trafficing

  3. Jumlah Tindak Pidana (JTP) Terhadap Kekayaan Negara yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 2 kasus atau mengalami kenaikan sebanyak 2 kasus dibandingkan dengan minggu ke 3 yaitu terjadi sebanyak 0 kasus, yaitu kasus Minyak dan gas Alam (migas) dan Ilegal Minning masing- masing sebanyak 1 kasus.

  4. Jumlah Tindak Pidana (JTP) Kontinjensi yang terjadi Minggu ke 4 dibanding minggu ke 3 tidak mengalami perubahan dikarenakan tidak ada kasus Tindak Pidana yang berpotensi Kontinjensi.

  5. Laka lantas yang terjadi Minggu ke-4 adalah sebanyak 5 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 2 kasus dibandingkan dengan minggu ke-3 yaitu terjadi sebanyak 7 kasus.

Dari berbagai trend Gangguan Kamtibmas yang mengalami kenaikan telah diberikan beberapa arahan kepada satuan wilayah atau satuan kerja di Polda kep. Babel antara lain sebagai berikut :

  1. Fungsi Intelijen :
    1. Meningkatkan Deteksi dini dan mengumpulkan bahan keterangan sebagai bahan analisa pembuatan perkiraan khusus Intelijen.
    2. Meningkatkan penggalangan dan memperluas jaringan Intelijen untuk memperoleh semua informasi tentang IPOLEKSOSBUDKAM.
    3. Mengintensifkan pembuatan laporan Informasi bagi seluruh anggota Polri.

  2. Fungsi Reskrim :
    1. Meningkatkan kegiatan Penyelidikan Pelaku kejahatan untuk mengungkap kasus - kasus yang belum terungkap.
    2. Tetap konsisten melakukan penindakan secara tegas, lugas, tuntas dan terukur sesuai perundang - undangan yang berlaku sehingga dapat lebih Proporsional dan Profesional.
    3. Mengaktifkan kembali Kring Reserse dan melakukan Pemetaan wilayah rawan Kamtibmas.
    4. Berkoordinasi secara aktif dengan pihak Jaksa Penuntut Umum dan Pengadilan Negeri.

  3. Fungsi Lalu Lintas :
    1. Meningkatkan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli di Jalur – jalur yang rawan pelanggaran dan laka lantas.
    2. Meningkatkan Razia kendaraan bermotor dan bertindak tegas bagi pelanggar lalin dengan menggunakan tilang sesuai prosedur yang berlaku.
    3. Berkoordinasi secara aktif dengan Dinas LLAJ Propinsi, Kabupaten, dan Kota dan PT Jasa Raharja untuk menempatkan Rambu, Marka, dan Apil di jalur jalan rawan kecelakaan.

  4. Fungsi Sabhara :
    1. Mengintensifkan kegiatan patroli secara efektif dan efisien di Wilayah rawan pada jam – jam tertentu dengan menggunakan cara bertindak yang berubah – ubah.
    2. Dalam melaksanakan Patroli hunting system agar lebih tajam untuk meneliti dan mengamati lebih mendalam orang, barang, dan tempat yang di anggap mencurigakan.
    3. Melaksanakan Pengaturan lalu lintas pada lokasi dan wilayah yang rawan pelanggaran lantas bersama – sama dengan fungsi lantas.
    4. Melaksanakan pengamanan proyek dan Objek Vital yang rawan terjadi tindak Pidana / kejahatan.

  5. Fungsi Binamitra :
    1. Lebih meningkatkan program Polmas di wilayah hukum masing – masing.
    2. Mengintensifkan kegiatan sambang desa, pembinaan dan penyuluhan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di wilayah masing - masing.
    3. Mengintensifkan penyebaran pesan - pesan kamtibmas melalui Media cetak dan Elektronik.

  6. Satuan Wilayah atau Polres jajaran
    1. Fungsi Preemtif
      1) Intelkam
      • Meningkatkan Deteksi dini dan mengumpulkan bahan keterangan.
      • Meningkatkan penggalangan dan memperluas jaringan Intelijen.

      2) Binmas
      • Meningkatkan program Polmas.
      • Sambang desa, pembinaan dan penyuluhan kepada TOMAS, TOGA, dan dan TODA.
      • Penyebaran pesan Kamtibmas.

    2. Fungsi Preventif
      Shabara dan Lalu Lintas
      • Meningkatkan Pengaturan di jalan – jalan rawan laka lantas.
      • Meningkatkan Pengaturan di jalan – jalan rawan laka lantas.
      • Meningkatkan Penjagaan di Objek Vital dan rawan tindak Kriminalitas
      • Melaksanakan Pengawalan kepada masyarakat yang membutuhkan. - Meningkatkan Patroli R4 dan R2

    3. Fungsi Represif
      Reserse Kriminal
      • Meningkatkan kegiatan Penyelidikan dan Penyidikan.
      • Mengaktifkan kembali Kring Reserse
      • Melakukan Penindakan secara terukur.

Demikian Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas Polda Kep. Bangka Belitung pada Minggu ke 4 dibandingkan Minggu ke 3 bulan Mei 2011, diharapkan peran serta masyarakat untuk selalu menjaga diri dengan menjadikan Polisi pada dirinya sendiri, Terimakasih.


Artikel Terkait :

» Kapolres Bangka Barat Pimpin Rapat Analisa dan Evaluasi Kinerja

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Rapat analisa dan evaluasi (Avev) bulanan di jajaran Polres Bangka Barat telah digelar di di Aula Jenderal Muhammad Hassan Polres Bangka Barat. Senin (2 Desember 2019) Pukul 08.30 wibKapolres...

» Komnas HAM: Penembakan 22 Mei Bukan Dilakukan Polisi, Ada Aktor Terorganisir

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubunga Masyarakat,- Komnas HAM telah melakukan investigasi terkait penembakan yang mengakibatkan 10 orang meninggal dunia saat aksi demonstrasi yang berlangsung pada 21-23 Mei 2019. Berdasarkan temuan yang...

» Waka Polres Bangka Barat Menghadiri HUT ke 43 PT.Timah

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Sebanyak 110 anak mengikuti sunatan masal yang digelar Unit Metalurgi (Unmet) Muntok. Selain sunat masal juga melakukan donor darah yang diikuti Polri, TNI, Pol PP, Pegawai Rutan, karyawan Unmet dan masyarakat.

» Supervisi Dit Binmas Polda Babel Evaluasi Kinerja Bhabin Jajaran Polres Basel

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Tim Supervisi Dit Binmas Polda yang dipimpin oleh AKBP Nurul Hidayat, S.IK Ka Subdit Babinkamtibmas Dit Binmas Polda Kep. Babel beserta rombongan dalam rangka Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Babinkamtibmas...

» Polri Terus Dalami Kasus Kerusuhan Aksi 21 dan 22 Mei

Polda Kepulauan Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Polisi telah menetapkan 456 tersangka terkait kerusuhan 21-22 Mei. Dari jumlah itu, 207 tersangka mendapatkan penangguhan penahanan.

» Polri Telah Kantongi Ciri-Ciri Penembak Korban Kerusuhan 21-22 Mei

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Polri telah mengantongi ciri-ciri penembak korban tewas dalam kerusuhan 21-22 Mei. Sang eksekutor kini tengah diburu.

» Evaluasi Kenerja Selama Operasi Ketupat ditingkat Kabupaten

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Polres Bangka Barat Melaksanakan Apel Konsolidasi Berakhirnya Ops Ketupat Menumbing 2019 serta kesiapan pengamanan sidang PHPU 2019 di Mako Polres Bangka Barat, Dandim 0431 Bangka Barat selaku Pimpinan Apel

» Polisi Terus Dalami Jenis Senjata yang Digunakan Saat Tembak Korban 22 Mei

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Polisi masih mendalami pengguna dan jenis senjata yang digunakan untuk melepas peluru berkaliber 5,56 milimeter dan 9 milimeter saat kerusuhan di Jakarta pada 21-22 Mei 2019. Kaliber peluru...

» Polda Babel Evaluasi Berakhirnya Ops Ketupat Menumbing 2019

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Polda Kep. Bangka Belitung Menggelar Apel Konsolidasi Pasca Operasi Ketumpat Menumbing 2019 yang dipimpin langsung Oleh Wakapolda Kep. Bangka Belitung Kombes Pol Drs. Djoko Erwanto didampingi Danrem 045/Gaya Kolonel Inf...

» Wakapolres Pangkalpinang Evaluasi Setiap Kinerja Jajarannya, Menuju Polres WBBM

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Di Aula Anton Sujarwo Polres Pangkalpinang berlangsung kegiatan Sosialisasi dan Internalisasi tentang Wilayah Kerja di Lingkungan Polres Pangkalpinang, Senin (17/06).

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian