Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Orang Tua Sering Marah Akan Mempengaruhi Pisikologis Anak

Polda - Bid Humas

marahPolda Kep. Babel, Bid Humas,_ Tahukah anda bahwa dengan sering memarahi anak anak dapat memberi efek yang tidak baik terhadap masa depan anak tersebut ?

Orang tua yang sering memarahi anaknya diharuskan berfikir ulang kembali, ini sangat penting diperhatikan karena menyangkut bagaimana anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dimasa depannya.

Terkadang orang tua sulit menahan rasa marah dikarenakan anak tersebut rewel dengan permintaan ini itu, atau mereka sering berteriak keras saat bermain sementara orang tua sedang lelah dan ingin istirahat.

Itulah tantangan bagi para orang tua, menahan diri untuk tidak sering marah-marah kepada anak. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bagaimana pengaruh penting setiap “kelakuan orang tua” terhadap anak-anak mereka. Masa anak-anak adalah masa yang penuh dengan perkembangan dan pertumbuhan.

Lise Eliot, PhD, seorang Neuroscientist di Chicago Medical School dalam bukunya ‘Whats going  on in There? How the Brain and Mind Develop in The First Five Years of Life’, yang menceritakan sebuah fakta yang begitu mencengangkan. Ia melakukan penelitian perkembangan otak terhadap bayinya sendiri.

Lise memasang seperangkat alat Khusus dikepala bayinya yang masih berusia 9 minggu. Alat itu dihubungkan dengan kabel-kabel computer agar dia bisa melihat pertumbuhan sel otak anaknya melalui layar monitor.

Saat bayinya bangun, dia memberikan ASI. Ketika bayinya minum ASI, Lise melihat gambar-gambar sel otak anaknya dilayar monitor sedang membentuk rangkaian yang indah. Nah, ketika sedang asyik menyusui, tiba-tiba bayi Lise menendang kabel computer. Si ibu sontak kaget dan berteriak, “No!”.

Ternyata teriakan si ibu membuat bayinya kaget, saat itu juga, lise melihat gambar sel otak anaknya dilayar monitor terus menggelembung seperti balon, semakin membesar dan akhirnya pecah. Selanjutnya, terjadi perubahan warna yang menandai kerusakan sel.

“Mungkin kesedihan ini hanya saya yang mengganggunya. Sebagai ibu dan sekaligus sebagai scientist, saya menyaksikan otak anak saya hancur oleh teriakan saya sendiri, ibunya ,” kesal Lise.

Apa yang dilakukan oleh Lise Eliot telah membuktikan kepada kita semua betapa emosi yang tidak terkontrol akan berdampak negative pada perkembangan otak anak-anak.

Tak bisa dipungkiri setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas. Sementara faktanya, anak yang cerdas adalah yang memiliki banyak sambungan antara sel otak yang satu dengan sel otak lainnya, bukan yang sel-sel otaknya terputus dan berantakan akibat sering kena marah orang tuanya.

Meskipun ketika dilahirkan memiliki milyaran sel otak, jika setiap detik, menit, jam dan hari-hari yang dilalui seorang anak selalu dipenuhi dengan pelototan, teriakan, apalagi ditambah amarah, sungguh tak terbayangkan berapa jumlah sel otaknya yang akan mati akibat perlakuan buruk yang diterimanya.

 

marah1

Dampak Buruk memarahi anak

Termasuk didalamnya : Kematian sel-sel otak anak dikarenak sering dimarahi. Penurunan kepercayaan diri.

Anak-anak yang sering kena marah cenderung akan berfikir bahwa penyebab dia dimarahi adalah karena melakukan kesalahan. Semakin sering anak dimarahi, maka semakin kuat opini pada diri anak bahwa semua tindakannya adalah salah. Ujung-ujungnya, anak akan kehilangan kepercayaan pada diri sendiri, takut melakukan hal-hal baru dan sebagainya.

Depresi

Tekanan mental atau depresi bisa saja dapat terjadi pada anak yang sering sekali dimarahi. Anak akan jadi pemurung, jarang tertawa dan kurang bahagia. Malah, pada beberapa kasus anak akan cenderung pemarah dan gemar melakukan tindakan kekerasan, baik secara fisik maupun verbal. Hal ini akan terjadi hingga masa dewasanya kelak.

Trauma

Anak juga bisa mengalami trauma Jika keseringan kena marah, apalagi jika kekerasan verbal yang terjadi disertai dengan pemberian julukan (labelling) yang kasar atau tidak pantas seperti “anak nakal”, “anak bodoh”, “anak tidak berguna”, “anak kurang ajar” dan julukan-julukan  negative sebagainya. Trauma menyebabkan anak akan kehilangan inisiatif untuk mengatasi setiap permasalahan yang dihadapannya.

marah2Menurut play therapist, Dra Mayke S Tedjasaputra Msi, keseringan memarahi anak diusia tumbuh kembang bisa berdampak pada dua hal:

Menyebabkan anak menjadi pasif karena akan selalu memilih lebih baik diam dari pada dimarahi

Membuat anak malah memberikan respon melawan.

Buat anak nyaman dengan teguran 1 Menit

Bila anak melakukan kesalahan, ada beberapa metode yang dapat diterapkan untuk memperbaiki perilaku anak. Salah satu metode paling popular dikenal dengan nama “Teguran satu menit”, yakni memberikan teguran secara bijak kepada anak dalam waktu tidak lebih dari 1 menit aja.

Metode “teguran satu menit“ mempunyai banyak manfaat dan kelebihan. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang akan anda dapatkan jika menerapkan metode ini pada anak.

Melatih Disiplin anak

Pertama, melatih disiplin anak-anak untuk bisa meninggalkan perilaku yang buruk. Dalam setengah menit yang pertama, anak mengerti bahwa tindakannya yang buruk telah membuat orang tuanya kecewa dan marah. Peristiwa itu akan masuk kea lam memorinya, selanjutnya memorinya mencatat mana perilaku baik yang disenangi orang tua dan mana perilaku buruk yang membuat kecewa dan marah orang tuanya.

Selanjutnya, dalam setengah menit kedua, anak segera dapat menemukan kembali citra dirinya yang positif sebagai anak yang baik. Mereka sangat menikmati belai kasih orang tua dalam selang waktu yang singkat ini. Buahnya, mereka menjadi senang dan bangga terhadap dirinya sendiri yang baik seperti kata orang tuanya.

Satu hal penting yang tak boleh dilupakan orang tua adalah bahwa semakin anak menyenangi dirinya sendiri, semakin besar kemauannya untuk berperilaku lebih baik.

 

Alat Komunikasi Efektif

Keuntungan kedua, metode ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Banyak orang tua mengeluh karena tak bisa memahami jalan pikiran anaknya. Banyak yang tak mengenal anaknya sendiri karena kemacetan komunikasi. Anak tak pernah mau menyampaikan masalah yang ia hadapi kepada orang tua.

Dengan bantuan metode ini, sedikit demi sedikit mulai berkembang iklim keterbukaan antara orang tua dengan anak, komunikasi pun menjadi lancer, akrab dan harmonis.

Mengapa ini bisa terjadi? Tak lain karena keberanian orang tua menunjukkan perasaan terhadap anak tanpa mencerca. Dalam setengah menit pertama menyalahkan habis-habisan perilaku anak yang buruk. Tetapi dalam menit kedua membuktikan bahwa diri pribadi anak selalu tetap baik dan dicintai orang tua.

Anak akan meniru apa yang diperbuat oleh ayah ibunya. Mereka semakin berani menunjukkan perasaan mereka terhadap segala sesuatu, baik perasaan baik maupun buruk. Hal ini dilakukan karena sudah mendapat jaminan bahwa tak akan dicerca oleh orang tua. Maka komunikasi akan menjadi terbuka dan akrab. Taka da lagi beban untuk berbicara tentang segala sesuatu tentang ayah ibu.


Sumber: Halodunia.co

Artikel Terkait :

» Polres Bangka Tengah kawal tahanan untuk melihat pemakaman anak kandungnya

Polda Kep.Bangka Belitung, Bid Humas, - Sat Res Narkoba Polres Bangka Tengah beserta anggota Polsek sungai selan melakukan pengawalan terhadap salah satu tahanan kasus narkotika yaitu saudara Iwan Darmawan Alias Iwan bin Basirun untuk melihat...

» Tips Mendidik Anak di Era Digital

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Perkembangan dunia tekhnologi dan informasi semakin berkembang tanpa bisa dibendung lagi, apabila tidak diawasi dan dibatasi pemanfaatan tekhnologi dan informasi dikalangan anak bisa...

» Brigadir ADI W.B Melaksanakan Program SSDP di SMPN 1 Simpang Katis Bangka Tengah

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Polres Bangka Tengah, Brigadir Pol ADI W.B selaku Anggota Polres Bangka Tengah telah melaksanakan Program SSDP di SMPN 1 Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah, Senin (14/8/2017) sejak pukul 07.00 Wib. Selaku...

» Polda Kep. Bangka Belitung, Melaksanakan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-72

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat – Polda Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan pemusnahan barang bukti narkoba dalam rangka memperingati HUT RI ke -72 di Samping Kantor Dittahti Polda Kep. Bangka Belitung, selasa (15/8/2017)...

» Polda Kep. Babel Melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera di Bagan Apung Tengah Laut

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama TNI dan Nelayan Telah Melaksanakan Upacara Pengibaran bendera merah putih di Bagan Apung Tengah Laut Sungai Liat Kab. Bangka, Selasa (15/8/2017) Pukul 15.30 Wib. Upacara...

» Kapolda Kep. Babel dan Rombongan, Melaksanakan Gowes ke Jebus Guna Menjaga Fisik Sekaligus Pantau Hutan Lindung dan Konservasi Dari Tambang Illegal

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Drs. Anton Wahono bersama, Irwasda Kombes Pol Drs. Mustar Manurung, Para Pejabat Utama Polda, Kapolres Bangka Barat dan Para Pamen Polda dan Tim...

» 26 Atlet Beladiri dan Judo Laksanakan TC secara Maksimal

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Pangkalpinang, menghadapi Even kejuaraan beladiri Polri dan Judo dalam rangka Kapolri Cup yang tidak lama lagi diselengarakan tepatnya tanggal 12 s.d 14 agustus 2017 Polda Kep. Bangka Belitung sedang...

» Polsek Air Gegas Laksanakan Pengamanan Pelepasan Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat.- Bertempat di Masjid Arrowdoh Desa Ranggas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Polsek Air Gegas Polres Bangka Selatan melaksanakan pengamanan pelepasan keberangkatan calon jama’ah...

» Kapolda Babel : Tahun Ini Saya Bangga, Banyak Anak Tidak Mampu Bisa Menjadi Polisi

Polda Kep. Bangka Belitung, bid Humas.- Bangka, Alhamdulillah Tahun ini (2017) Saya Bangga. Banyak masyarakat Tidak Mampu di Bangka Belitung Yang Penghasilannya dibawah Rp 2.000.000 (Dua juta rupiah), anaknya diterima menjadi Polisi. Semoga menjadi...

» Polsek Tanjungpandan amankan Pelaku Cabul Bapak kepada Anak Kandungnya

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat, – Seorang buruh harian berinisial AL (31) dilaporkan mertuanya ke Polsek Tanjungpandan, Belitung atas tuduhan mencabuli anak kandungnya yang ,masih berusia 3 tahun 8 bulan, Pada Selasa...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian