Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Langkah Priotitas Terhadap Pungli Dalam Pelayanan Samsat

Polda - Bid Humas

Polda Kep.  Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,-  Akhir-akhir ini telah terjadi operasi tangkap tangan (OTT) pada pelayanan SIM, beberapa aduan masyarakat trkait pelayan regident serta diterima surat pengaduan masyarakat tentang pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dilaksanakan oleh oknum petugas pelayanan Samsat.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, bersama ini diberikan penekanan kembali tentang larangan melakukan pungutsn tidak resmi (pungli) dalam pelaksanaan tugas penyelenggaraan yan publik Polri dibidang Administrasi Regident khususnya pada Yan Satpas, BPKB dan SAMSAT (SIM, BPKB, STNK, STCK, Mutasi Luar Daerah dan TNKB) dijajaran Fungsi Lantas Seindonesia.

Memperhatikan permasalahan diatas, kepada para Kapolda agar memerintahkan Dir Lantasa dan polres jajaran untuk melakukan langkah-langkah prioritas sebagai berikut :

1. Menyampaikan kembali arahan penekanan kepada seluruh anggota baik Dit Lantas di Polda maupun Polres Jajaran yang intinya pada fungsi lantas tidak boleh terdapat lagi pungli baik langsung maupun tidak langsung dilakukan oleh anggota khususnya bidang Yan Regident pada pelaksanaan Yan Bit Sim, BPKB, STNK, TNKB, Cek Fisik, STCK, dan Mutasi Luar Daerah.

2. Untuk lebih efektif, tertib dan transparan, mencegah kontak langsung antara anggota Polri dengan masyarakat dalam transaksi pembayaran biaya PNBP SBST Disatpas, BPKB dan Samsat maka pelaksanaan pembayaran PNBP langsung melalui Bank yang telah ditentukan.

3. Agar penerimaan dan pendistribusian dana upah pungut (Intensif untuk petugas Samsat) dari Bapenda masing-masing dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

4. Pada bidang Reginant khususnya bidang pelayanan Sim, BPKB, STNK, TNKB, dan mutasi untuk pengambilan/pendistribusian material maupun  pendukungnya, “Tidak Dipungut Biaya Ulangi Tidak Dipungut Biaya” baik untuk pengiriman dari Korlantas Polri ke Polda-Polda maupun untuk pengiriman dari Polda ke Polres/Satwil  Jajaran masing-masing.

Diharapkan pelaksanaan tugas yang Regident khususnya Yan Bit Sim, BPKB, TNKB, STCK, Mutasi dan NRKB pilihan agar dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dilaksanakan tugas Yan publik tersebut secara cepat, tepat, profesional, transparan dan akuntabel.

Terkait dengan penegasan larangan pungli tersebut diatas, agar fungsi lantas tidak lagi dibebani dengan biaya-biaya yang tidak perlu atau giat-giat yang tidak didukung oleh anggaran DIPA.

Sebagai konsekuensi larangan pungli dimaksud, apabila masih ditemukan oknum anggota Polri atau pejabat terkait dibidang tugas fungsi lantas yang masih melakukan pungli agar ditindak tegas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.


Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian