Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Polri Rekonsiliasi Bersama Instansi Terkait Guna Penanganan Pasca Gempa dan Tsunami di Donggala dan Palu

Polda - Bid Humas

palu5Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Pasca gempa berkekuatan 7.4 SR diikuti tsunami setinggi 3 (tiga) meter yang melanda Sulawesi Tengah pada Jumat (28/09/18) akibat adanya pergerakan Sesar Palu-Koro, pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan rekonsiliasi bersama dengan instansi terkait seperti BNPB, PLN, TNI dan Kementerian terkait untuk membantu penanganan korban terdampak bencana tersebut.

Data per 29/9/2018 yang dihimpun BNPB dan hasil identifikasi Tim DVI Polri, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 384 orang, 29 orang dinyatakan hilang, dan sebanyak 540 orang mengalami luka-luka. Para korban jiwa tersebut tersebar di beberapa Rumah Sakit di Sulawesi diantaranya di RS. Woodward Palu, RS. Budi Agung Palu, RS. Samaritan Palu, dan RS. Undata Palu.

Polri telah mengerahkan 14 SSK atau 1.400 personel dalam rangka penanggulangan bencana terutama untuk proses evakuasi dan pendataan korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/09/2018).

“Kami mengirimkan 1.400 personel untuk proses penyelamatan korban. Kami mengirimkan dari lokasi terdekat, yaitu satu kompi dari Gorontalo, Sulawesi Barat 1 kompi, dan Sulawesi Selatan 1 kompi,” ujar Wakapolri Ari Dono Sukmanto.

Sementara itu, satuan personel Polda yang ikut memperkuat penanganan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah juga datang dari Polda Sulbar sebanyak 100 personel kualifikasi pelopor dan Polda Sultra sebanyak 215 personel dengan rincian anggota brimob 200 personel, polwan sabhara 5 personel dan dokes 10 personel. Kepada personel yang diperbantukan dilengkapi dengan sejumlah bantuan logistik berupa tenda dari Pusdokkes Polri, peralatan evakuasi dan obat – obatan.

Lalu untuk tahap awal ini, seluruh personel nantinya akan bertugas selama satu bulan dan ditempatkan di dua kecamatan paling terdampak bergabung bersama personel Polda Sulteng dan Mabes Polri. Dikabarkan pula bahwa sejumlah mobil patroli, bus pelayanan SIM keliling dan bangunan rusak berat akibat diterjang tsunami diantanya Mapolda Sulawesi Tengah berikut dengan mobil patroli dan mobil box polisi yang berada di Mapolda tertimbun reruntuhan bangunan.

Sementara kantor Ditlantas Polda Sulteng yang berada tepat di depan bibir pantai Talise dan samping jembatan kuning yang roboh juga nampak hampir rata dengan tanah. Kantor Polres Palu yang terletak di belakang kantor Gubernur juga rusak berat. Selain itu, bencana gempa dan tsunami ini mengakibatkan lumpuhnya aliran listrik dan terputusnya jaringan komunikasi sehingga informasi yang dapat dihimpun juga masih terbatas.

“Jaringan dan komunikasi di Palu masih mati dan saat ini pihak Mabes Polri masih berusaha untuk dapat berkomunikasi dengan rekan – rekan yang berada di Palu,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Hal serupa juga disampaikan Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo yang menyatakan bahwa pihaknya terus berusaha menghubungi Karo Ops dan Kabid Humas Polda Sulteng, namun belum dapat tersambung.

Berdasarkan hasil pengamatan maka bantuan dan aksi cepat tanggap yang sangat dibutuhkan para korban diantaranya air bersih, perbaikan listrik dan arus komunikasi, permakanan (makanan siap saji, makanan bayi dan anak) evakuasi dan SAR, tenda, terpal, selimut, veltbed serta rumah sakit lapangan beserta tenaga medis dan obat-obatannya. Untuk itu, Polri bersama instansi terkait akan terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan para korban bencana.


 

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian