Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Manfaat Kurma Bagi Tubuh

Polda - Bid Humas

kurma-doktersehat-768x400Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Buah kurma telah dibudidayakan sejak 6000 tahun sebelum Masehi. Buah kurma adalah salah satu buah yang paling manis dan tersedia dalam berbagai varietas. Meski kurma bisa dimakan dalam kondisi masih segar, buahnya kerap dikeringkan yang menyerupai kismis atau plum kering. Tapi dalam kondisi masih segar atau sudah kering, manfaat kesehatan kurma masih cukup banyak.

Kandungan Nutrisi Kurma
Kurma kaya akan banyak nutrisi penting dan oleh karena itu menawarkan banyak manfaat kesehatan, buah ini sangat kecil sehingga Anda harus mengkonsumsi jumlah yang lebih banyak untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang diperlukan.
Data nutrisi berikut ini menguraikan beberapa nutrisi utama yang ditemukan pada kurma, dan berdasarkan pada porsi 100 gram kurma.
Serat – 6,7 gram. 27% RDA
Kalium – 696 miligram. RDA 20 persen
Tembaga – 0,4 miligram. RDA persen
Mangan – 0,3 miligram. RIA persen
Magnesium – 54 miligram. RDA persen
Vitamin B6 – 0,2 miligram. RDA persen
Perlu digaris bawahi, kurma mengandung kadar gula tinggi yang mencapai 66,5 gram per 100 gram porsi kurma. Dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula sebanyak mungkin, bahkan saat gula dikonsumsi dari buah.
Manfaat Kesehatan yang Diketahui dari Kurma
Kurma tidak tepat sebagai gizi pembangkit tenaga jika dibandingkan dengan beberapa makanan lain seperti biji kiwi atau wijen, namun buahnya tetap menawarkan banyak manfaat kesehatan bersamaan dengan cita rasa yang tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kurma.
1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan, Menghilangkan Sembelit
Serat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan membuat buang air besar secara teratur. Serat tidak larut dan larut yang ditemukan pada kurma membantu membersihkan sistem pencernaan, memungkinkan usus besar bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi.
Beberapa manfaat lain yang berkaitan dengan serat dan kesehatan usus besar mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir. Kurma bahkan bisa digabungkan dengan pengobatan rumahan lainnya untuk wasir.
2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Selain meningkatkan kesehatan usus besar, serat juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan jantung.
3. Anti-Inflamasi
Kurma kaya akan magnesium —mineral yang dikenal dengan manfaat anti-inflamasinya. Satu studi menemukan bahwa “indikator inflamasi di tubuh seperti CRP (protein C-reaktif), TNF (tumor necrosis factor alpha), dan IL6 (interleukin 6) semuanya berkurang saat asupan magnesium meningkat.”
Selanjutnya, peradangan di dinding arteri juga berkurang dengan asupan magnesium. Berdasarkan sifat anti-inflamasi magnesium dan temuan penelitian ini, magnesium dapat secara efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, artritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit kesehatan terkait peradangan lainnya.
4. Mengurangi Tekanan Darah
Magnesium telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, dan kurma penuh dengan mineral. Selain itu, potasium adalah mineral lain pada kurma yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, untuk membantu kerja jantung yang tepat dan membantu mengurangi tekanan darah.
5. Mengurangi Risiko Stroke
Setelah mengevaluasi 7 penelitian yang diterbitkan selama periode waktu 14 tahun, para periset menemukan bahwa risiko stroke berkurang sebesar 9 persen untuk setiap 100 miligram magnesium yang dikonsumsi seseorang per hari. Penelitian ini dapat ditemukan di American Journal of Clinical Nutrition.
6. Kehamilan dan Pengiriman Sehat
Lebih lanjut menambah manfaat kesehatan dari kurma, satu studi yang dilakukan oleh para periset di Universitas Sains dan Teknologi mulai menemukan bagaimana buah kurma memengaruhi parameter tenaga kerja dan hasil persalinan.
Setelah mempelajari 69 wanita selama satu tahun dan 1 bulan, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan secara signifikan mengurangi kebutuhan akan induksi dan melancarkan persalinan, serta memberikan hasil yang lebih baik namun tidak signifikan. Hasilnya menjamin sebuah percobaan terkontrol secara acak. ”
7. Meningkatkan Kesehatan Otak
Beberapa penelitian, seperti yang ditemukan di JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa kadar vitamin B6 yang cukup terkait dengan peningkatan kinerja otak dan nilai tes yang lebih baik.
Manfaat lainnya yang tak kalah menakjubkan dari kurma yakni:
Penurunan berat badan.
Menghilangkan sembelit, melancarkan buang air besar secara teratur.
Meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung.
Diare.
Anemia defisiensi besi.
Mengurangi tekanan darah.
Impotensi.
Meningkatkan kesehatan pernapasan dan pencernaan.
Kehamilan.
Pencegahan ambeien.
Kondisi kronis seperti arthritis.
Mengurangi risiko kolitis.
Mencegah kanker usus besar.


Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian