Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Gak Kalah Hebat dari SWAT, Ini Brimob Polri

Polda - Bid Humas

brimobPolda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Memperingati HUT ke-74 Brimob pada 14 November ternyata ada beberapa fakta yang membanggakan dan mungkin Anda belum tau.

SWAT (Special Weapons And Tactics) yang merupakan pasukan khusus di Amerika Serikat memang sangat memukau. Tapi yang perlu diketahui, Indonesia juga punya satuan yang tak kalah hebat dan mematikan dari SWAT, yaitu Brimob.
Korps andalan Polri yang dinilai gahar dari sisi mana pun membuat pamor Brimob sangat melegenda apalagi jika dikaitkan dengan berbagai konflik yang berhasil diredam pasukan tersebut.
Agar semakin paham kekuatan Brimob yang dimiliki Indonesia, ada sejumlah fakta tentang Brimob yang mungkin belum Anda ketahui.
Brimob merupakan pasukan khusus, seperti detasemen militer khusus milik TNI yaitu Paskhas dan sebagainya. Maka dari itu, hanya yang benar-benar berkompeten serta lolos kualifikasi saja yang masuk dalam pasukan ini.
Proses rekrutmennya terbilang lebih ganas dibandingkan awal masuk kepolisian. Anggota Brimob memang harus punya kemampuan lebih, pasalnya tugasnya sangat vital.
Apalagi saat mengamankan kota, tokoh-tokoh penting, hingga menahan huru-hara. Jadi tak heran jika ada banyak proses yang harus dilalui termasuk ditempa oleh para pasukan elite, hingga berhasil menyandang baret biru.
Dalam perjalanan sejarah perjuangan Indonesia, Brimob banyak melakukan misi-misi berbahaya. Seperti pertempuran 10 November 1945, ketika itu korps Brimob masih bernama Pasukan Polisi Istimewa.
Brimob juga sempat ditugaskan menumpas separatis pengancam stabilitas negara, sebut saja Andi Aziz, DI/TII, RMS dan juga PRRI.
Tak berhenti disitu, Brimob sempat membuat Malaysia ketar-ketir saat konflik 1963. Korps tersebut pun sempat terlibat penuh dalam pergolakan di Timor Timur tahun 1975.
Memang pasukan militer Indonesia berjasa besar, tapi Brimob pun memiliki kiprahnya sendiri yang tak kalah penting.
Fakta Brimob lainnya sebagai pasukan istimewa, adalah ha katas kepemilikan senjata yang mematikan dan terbaru. Ada beragam senjata taktis yang dipakai oleh korps ini. Seperti M4 buatan Amerika.
Senapan tersebut hampir serupa dengan M16, tapi kelebihannya tak perlu mekanisme susah saat memasukkan bracket peluru dan tahan panas. Senjata tersebut juga lebih nyaman digunakan dari lainnya.
SS1 jadi senjata andalan Brimob saat bertugas. Senapan tersebut konon mampu menembak akurat dalam jarak ratusan meter.
Selain kokoh dan bisa digunakan pada banyak medan, SS1 adalah senjata buatan Pindad. Sekalipun buatan lokal, kemampuan SS1 sangat diakui dunia. Brimob juga terkadang menggunakan AK101 generasi berikutnya dari sang legenda AK47 dan masih banyak lagi.
Brimob merupakan pasukan yang mampu menggunakan senjata-senjata di atas dengan baik. Pasalnya, mereka ditempa untuk menghadapi misi yang lebih besar.
Tugas Brimob sendiri adalah antiteror, maka mereka dibekali kemampuan khusus yang beragam. Mulai penyelamatan sandera, menjinakkan bom, mengatasi huru-hara, mengepung perampokan, hingga masalah-masalah yang dekat dengan masyarakat.
Brimob bahkan konon mempunyai kemampuan Raider TNI yang mematikan. Hanya saja keduanya ada di ranah berbeda.
Fakta Brimob yang terakhir ini sudah disinggung sebelumnya bahwa Brimob berawal dari Pasukan Polisi Istimewa yang merupakan bentukan Mohammad Jasin dan kawan-kawan.
Mereka adalah bekas polisi Jepang yang berbekal senjata dari gudang senjata Jepang, pada 21 Agustus 1945, mereka mengikrarkan diri sebagai Polisi Republik Indonesia.
Sementara berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959, 5 Oktober 1945 ditetapkan sebagai hari jadi angkatan bersenjata atau Tentara Nasional Indonesia (TNI).
Jadi jika dicermati kronologisnya, sebenarnya kepolisian bentukan Mohammad Jasin tersebut lebih tua satu hari dibanding BKR yang terbentuk 22 Agustus 1945.
Jasa Mohammad Jasin sebagai cikal bakal Kepolisian Republik Indonesia sangat besar.
Terutama saat mengubah haluan Tokubetsu Kaisatsu Tai atau polisis Jepang menjadi Polisi Istimewa Republik Indonesia. Lalu, pada 14 November 1946, Polisi Istimewa diadopsi Sutan Sjahrir jadi Mobile Brigade dan disingkat Mobrig.
Tujuannya untuk melindungi perjuangan politik dari gangguan serta acaman kudeta militer. Pada tanggal tersebut pula diperingati sebagai hari jadi Brimob. Tak heran jika Mohammad Jasin diberi gelar sebagai Bapak pendiri Brimob.
Itulah kelima fakta Brimob yang perlu diketahui, membanggakan bukan? Selamat HUT ke-74 Brimob.


 

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian