Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Polres Bangka Barat Periksa Sejumlah Pemilik Akun FB Terkait Penyebaran Hoax Pasar Muntok Tutup

Polda - Bid Humas

index8u7tydjfguhufyguiotdcuvhygliylcfggjhPolda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Sejumlah pemilik akun Facebook diperiksa terkait penyebaran berita Hoax tentang akan ditutupnya pasar Muntok yang dilakukan KI (22)  warga Ds. Kemang masem Kp. Air Putih Kec. Mentok Kab. Bangka Barat beberapa waktu lalu. Satreskrim Polres Bangka Barat dan Diskominfo, mengecek sejumlah capture yang bereredar di pastikan berasal dari akun FB milik Apong Kisantribowo. Capture postingan Apong tersebut membuat sejumlah pengguna media sosial lainnya resah. Tak sedikit dari mereka yang menanyakan kebenaran informasi tersebut.

" Dari konsultasin kami dengan Kominfo, akun Apong Kisantribowo ini yang di capture semua. Ada juga yang memposting dan membagikan capture itu, cuma sifatnya hanya bertanya, tidak seperti Apong ini yang seolah olah yang punya pasar," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Dr. Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, MH, Kamis (26/03/2020).

Dari postingan KI ini kemudian menyebar dan dibagikan sejumlah akun FB lainnya.

Bahkan beredar ke sejumlah group Whats App (WA) warga Muntok.

Dari penelusuran harian ini, informasi soal penutupan pasar Muntok yang diposting KI telah dihapus.

" Kabar dan informasi bohong itu di umumkan pelaku melalui akun fb Apong Kisantribowo lalu kemudian tersebar secara cepat melalui fb dan WA. Infromasi yang kami dapat masyarakat akan memborong sejumlah barang, karena dari informasi pelaku memicu kekhawatiran pasar akan tutup," ujar Kapolres Bangka Barat.

KI (22) otak penyebaran hoax soal penutupan pasar Muntok, ditetapkan sebagai tersangka setelah melalui rangkaian proses penyelidikan.

KI, diamankan tim garuda reskrim Polres Bangka Barat di toko sembako pasar Muntok, tempat dirinya bekerja, Selasa, (24/3/2020) lalu.

Kapolres Bangka Barat, menyebut KI merupakan aktor utama penyebar hoax terkait isu akan adanya penutupan pasar Muntok melalui media sosial.

"Yang bersangkutan merupakan pelaku utama penyebaran informasi hoax terkait akan adanya penutupan pasar Muntok. Setelah kami tanyakan ke OPD terkait ternyata isu itu tidak benar," kata Kapolres Bangka Barat.

Diberitakan sebelumnya ada kabar pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat, bakal ditutup beredar di pesan Whats App (WA).

Kabar tersebut sempat membuat sejumlah warga dan pedagang di kota Muntok Resah.

Berikut kutipan isi pesan WA tersebut, " Mulai tgl 29 Maret 2020 pasar Muntok tutup selama 3 hari,mohon diinfokan agar bisa mengatasi stok di rmh,".


 

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian