Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Menjelang Pengamanan Hari Raya Idhul Fitri 1431 H

Polda - Biro Operasi

rakor2010_01POLDA KEP.BABEL, BIRO OPERASI, Menjelang perayaan hari raya Idhul Fitri 1431 H ini berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat akan mengalami peningkatan. Tradisi mudik salah satunya, tradisi ini bertujuan menjalin silahturahmi antar saudara dengan saling mengunjungi baik dalam kota, antar kabupaten bahkan provinsi. Selain itu pusat perbelanjaan sebagai sarana untuk mencukupi kebutuhan menjelang lebaran, dan juga tempat rekreasi sebagai salah satu tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat juga akan mengalami peningkatan pengunjungnya.

 

Polda Kep. Babel sebagai institusi kepolisian yang mengemban misi pelayanan, pengamanan dan penganyoman kepada masyarakat dituntut untuk mampu menjawab tugas tersebut dengan baik, sehingga segala bentuk kegiatan masyarakat dalam rangka perayaan lebaran baik menjelang, saat, dan setelah lebaran dapat berjalan dengan baik, khususnya di wilayah Provinsi Kep. Babel.

Dengan mengedepankan fungsi lantas, samapta, dan reskrim yang didukung dengan fungsi yang lain harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Untuk memberikan yang terbaik tersebut Polda Kep. Babel tidak bisa berjalan sendiri namun juga didukung dengan instansi lain baik negeri maupun swasta serta kelompok potensi masyarakat. Untuk itu Polda Kep. Babel mengundang berbagai instansi tersebut dalam kerangka kegiatan “Rapat Koordinasi Menjelang Operasi Ketupat Satam 2010” pada hari Senin, 23 Agustus 2010 pukul 09.00 wib.

Rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah yang akan dilakukan menjelang Operasi Ketupat Satam 2010 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3 s/d 18 September 2010. Operasi ini dilaksanakan guna mengantisipasi berbagai kerawanan yang akan meningkat menjelang lebaran baik dipemukiman yang rumahnya kosong ditinggal mudik, pusat keramaian seperti pertokoan, terminal, pelabuhan, bandara sampai dengan daerah tujuan wisata, demikian pengantar dari Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol. Drs. M. Rum Murkal setelah membuka secara resmi rapat koordinasi ini, dengan didampingi Wakapolda Kep. Babel Kombes Pol Drs. Rusli Nasution, SH, MH.

rakor2010_02Gubernur Provinsi Kep. Babel yang hadir dalam rakor, juga memberikan arahan dan penekanan bahwa tanggung jawab keamanan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga masing-masing harus selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya tindak kejahatan, lebih lanjut Gubernur menyampaikan terimakasih kepada institusi Polri yang telah bekerja keras untuk menjaga dan meningkatkan ketertiban dan keamanan di wilayah Prov. Kep. Babel ini, sehingga diharapkan institusi Polri semakin mendapat kepercayaan dan semakin melekat dihati masyarakat. Setelah memberikan arahan kepada peserta rakor, Gubernur melanjutkan untuk menghadiri undangan dinas ditempat lain.

 

Rakor dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada Drs. Sutanto, SH selaku Direktur Intelkam, untuk memaparkan berbagai prediksi kerawanan-kerawanan, antara lain permasalahan pemilukada yang belum tuntas penyelesaiannya, kasus curat akan meningkat disekitar pemukiman, perkantoran yang kosong bahkan sampai kasus curas yang mengarah kepada nasabah bank, counter hp, perampasan, sehingga dihimbau kepada masyarakat untuk waspada, untuk perkantoran yang kosong disarankan untuk mengoptimalkan kinerja satpam, dan juga mewaspadai rawan kecelakaan baik darat maupun laut.

Selanjutnya Kepala Biro Operasi yang diwakili oleh Kabag Bin Ops, Indra, SIK memaparkan mengenai rencana operasi ketupat satam 2010, diantaranya menjelaskan mengenai sasaran operasi ketupat, kekuatan personel yang terlibat dalam operasi, daerah rawan kecelakaan lalulintas, rawan macet, rawan pelanggaran serta memberikan hasil evaluasi operasi ketupat pada tahun 2009 sebagai bahan evalusi untuk meningkatkan kinerja dalam operasi pada tahun ini.

rakor2010_03Sedangkan paparan dari Dir Lantas yang diwakili oleh Wadir Lantas menginformasikan mengenai data lokasi-lokasi jalan yang mengalami kerusakan untuk menjadi perhatian dari instansi terkait supaya segera diperbaiki, data lokasi tempat-tempat ibadah, dan lokasi wisata yang cenderung mengalami peningkatan jumlah pengunjung sehingga rawan terhadap kemacetan, kecelakaan dan tindak pidana.

Para Kapolres yang hadir, juga diberikan waktu untuk memberikan pandangan lebih mendetil mengenai rencana operasi ketupat satam pada tingkat polres, salah satunya Kapolres Bangka Barat memprediksi adanya peningkatan penumpang kapal cepat yang cukup sinigfikan pada H-4 sampai H+4 .

Setelah mencermati paparan dari staff dan jajaran, Kapolda kep. Babel menanggapi dengan perbagai perhatian antara lain :
  1. segera sosialisasikan mengenai pemasangan cctv terutama di bank, perkantoran sampai pertokoan guna memantau keamanan serta memungkinkan mencegah tindak pidana.
  2. berikan perhatian lebih intensif pada daerah yang masih ada permasalahan mengenai pemilukada, rawan kecelakaan, rawan tindak pidana.
  3. segera berikan himbauan kepada masyarakat yang akan mudik bila meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk menperhatikan betul keamanannya.
  4. mengingat kekuatan personel tidak semua akan terlibat dalam operasi ini, maka dihimbau seluruh anggota kepolisian untuk tetap membackup penggelaran operasi ini yang diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan
  5. berikan arahan kepada anggota supaya mampu bertanggung jawab pada tugasnya dan mampu berkoordinasi dan bergabung dengan anggota dari instansi lain.

Sedangkan paparan yang disampaikan dari instansi lain yakni antara lain :

  1. PT Angkasapura Bandara Depati Amir, menyatakan siap mendirikan posko dan bergabung dengan instansi lain (kepolisian, dinas perhubungan, dinas kesehatan) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Administrasi Pelabuhan Pangkalbalam, menginformasikan bahwa telah melakukan koordinasi dengan Pelindo, siap membentuk posko dengan instansi lain, ada tambahan kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, membatasi kendaraan truck kecuali angkutan sembako dengan mendahulukan kendaraan pribadi.
  3. Unsur TNI, telah siap mendukung keamanan dan membackup bila terjadi kerawanan serta siap membantu dalam pengaturan lalulintas.
  4. BMG, selalu siap memberikan informasi mengenai informasi cuaca.


Menjelang berakhirnya rakor ini, Kapolda menyampaikan penekanan antara lain

  1. operasi pengamanan menjelang peringatan hari raya Idhul Fitri 1431 H ini digelar dengan sandi “Ketupat Satam - 2010”
  2. petugas yang akan terlibat dalam operasi ketupat satam ini akan dipasang tanda pita biru putih pada lengan bagian kiri
  3. titik berat operasi ini adalah operasi kemanusiaan dengan meningkatkan perlindungan, pelayanan, dan pengayoman kepada masyarakat
  4. tingkatkan keamanan internal di pemukiman, perkantoran, secara terbuka maupun tertutup
  5. memerintahkan kepada kasubsatgas polres untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi ini secara teknis di wilayah masing-masing.

Rapat koordinasi yang berlangsung mulai pukul 09.00 wib akhirnya berakhir pada pukul 13.30 wib, sedangkan Wakapolda melanjutkan acara dengan berkoordinasi dengan para Kapolres, Kabag Ops, dan Kasat Lantas untuk lebih mengintensifkan kesiapan menjelang penggelaran operasi ketupat satam 2010.


Foto Bid Humas

 

Artikel Terkait :

» Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Air Gegas Laksanakan Patroli dan Pengamanan Gereja

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi jemaat yang melaksanakan ibadah di Gereja, Polsek Air Gegas rutin melaksanakan tugas pengamanan dan patroli, Minggu (12/8/18). Pengamanan dan patroli...

» Kapolda Babel Hadiri Rapat Kerja Dilkumjakpol di Belitung

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Tanjungpandan; Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri telah menghadiri Rapat Kerja (Raker) Dilkumjakpol (Pengadilan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kejaksaan dan Kepolisian) Provinsi Kep. Babel di Aula Rapat...

» Panglima TNI dan Kapolri ke Polda Metro Cek Pengamanan Asian Games

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian  pagi ini menghadiri rapat pelaksanaan pengamanan Asian Games 2018 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta...

» Ini Arahan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P Untuk Pengamanan Asian Games 2018

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Kapolri Jenderal Pol Prof. H. Muhammad Tito Karnavian., Ph.D dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P telah memberikan pengarahan dalam rangka Pengamanan Asian Games 2018 di Balai Pertemuan Polda Metro...

» Pemberian APP Personel Sabhara Sebelum Melaksanakan Pengamanan

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Rabu, 25 Juli 2018, pukul 07.00 WIB  Direktorat Sabhara Polda Kep. Bangka Belitung usai melaksanakan kegiatan apel Fungsi dalam rangka pengamanan unjuk rasa di Bangka Barat. Kabag Binopsnal...

» Ciptakan Rasa Aman, Polsek Jebus Rutin Laksanakan Pengamanan Ibadah Mingguan Di Gereja

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi jemaat yang melaksanakan ibadah mingguan di Gereja di wilayah hukumnya, Polsek Jebus rutin menggelar pengamanan dan patroli. Seperti halnya pada...

» Personil Sat Sabhara Melakukan Pengawalan & Pengamanan Tahanan

Polda kep. Bangka belitung Bid Humas.- Sat Sabhara Polres Bangka Selatan melalukakan pengawalan Tahanan dari rutan Polres Bangka Selatan menuju pengadilan Negri Sungailiat. kemarin (16/07). Kemarin Senin 16 Juli 2018 anggota Sat Sabhara Polrse...

» 150 Personil Gabungan Diterjunkan Untuk Kegiatan Pengamanan Sidang Pleno

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Ratusan personil dari Polres Belitung sejak pagi hari,kamis (05/07) terlihat sudah berjaga di hotel Bahama Tanjungpandan Belitung tempat akan dilakukanya rekapitulasi suara Pilkada Belitung Oleh KPU.

» Kabag Ops Polres Bangka Pantau Langsung Pengamanan Gereja

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- BANGKA; Kabag Ops Polres Bangka Tengah Kompol S. Sophian langsung melakukan pengecekan personel yang melakukan pengamanan di Gereja gereja seluruh wilayah Kabupaten Bangka, Minggu (8/7/2018). Minggu pagi (7/7)...

» Jajaran Polres Bangka Selatan Berikan Pengamanan Setiap Gereja Saat Ibadah Kebaktian

Polda kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- TOBOALI; Kepolisian Resort (Polres) Bangka Selatan dan Polsek Jajarannya selalu melaksanakan pengamanan terhadap kegiatan pemerintah dan kegiatan masyarakat, tak terkecuali kegiatan umat Nasrani yang...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian