Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Polda Kep. Babel Mengadakan Rapat Koordinasi TNI Dan Polri

Polda - Biro Operasi

rakortnipolri01POLDA KEP. BABEL, BIRO OPERASI - Pada hari Selasa tanggal 23 November 2010 pukul 08.00 wib Polda Kep. Babel mengadakan Rakor  ( Rapat Koordinasi ) unsur TNI dan Polri yang pertama kalinya di adakan di Wilayah Polda Kep. Babel yang dilaksanakan di Gedung Tri Brata Polda Kep. Babel, dalam rapat koordinasi TNI dan Polri ini di hadiri oleh unsur – unsur Polri, TNI AD, TNI AU, TNI AL serta pemerintahan tingkat Provinsi yang diwakili oleh Wakil Gubernur Prov. Kep. Bangka Belitung.

Tema yang dibawa dalam Rakor ini yakni Kita Tingkatkan Soliditas Dan Sinergitas Dlm Rangka Menciptakan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Di Wilayah Prov. Kep. Bangka Belitung” dan bertujuan untuk menyamakan persepsi dan lebih memahami tentang Tugas Pokok dan peranan TNI – Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas di Wilayah Prov. Kep. Bangka Belitung. Walaupun TNI – Polri tidak lagi berada dalam satu wadah organisasi secara struktural, namun kebersamaan TNI–Polri dalam pelaksanaan tugasnya selalu saling mendukung yang membuktikan bahwa soliditas dan sinergitas TNI–Polri masih tetap terjaga, termasuk di wilayah Prov. Kep. Bangka Belitung

rakortnipolri04 rakortnipolri06

Dalam rangka meningkatkan dan menjaga soliditas dan sinergitas TNI–Polri guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta mendukung kelangsungan pembangunan daerah Prov. Kep. Bangka Belitung, maka Rapat Koordinasi TNI–Polri sewilayah Kep. Bangka Belitung ini diselenggarakan.

rakortnipolri02Peserta dalam Rakor terdiri dari unsur Polri berjumlah 85 peserta,  TNI AU berjumlah 3 peserta, TNI AD berjumlah 36 peserta, TNI AL berjumlah 17 peserta yang seluruhnya berjumlah 179 peserta dari unsur TNI dan Polri, serta juga di hadiri oleh Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel H Samsudin Bashari, Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol Drs M Rum Murkal, Waka Polda Kep. Babel Kombes Pol Drs. Rusli Nasution,S.H,M.H,M.M, Pejabat Utama Polda, Para Kapolres, Kapolsek, Dandim 0413 Bangka Letkol Inf. Ahmad Sutarmad, Dandim 0414 Belitung Letkol Inf. Dadang Arif Abdurahman, Danlanud Letkol PNB. Fredy Afrianto dan Danlanal Kolonel laut. Umar Arif serta Para Kapolres dan Kapolsek.

Dalam pembukaan rapat koordinasi TNI dan Polri di wilayah Prov. kep. Bangka Belitung ini di buka langsung oleh Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel H Samsudin Bashari yang pada saat itu mewakil Gubernur Prov. Kep. Babel Eko Maulana Ali yang berhalangan hadir, pembukaan rapat koordinasi TNI dan Polri ini diawali dengan laporan perwira yang di tunjuk dan menyayikan lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri oleh seluruh peserta rapat.

rakortnipolri03Dalam Sambutan Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel, H Samsudin Bashari menjelaskan bahwa melalui rapat koordinasi TNI dan Polri ini menujukan bahwa adanya satu tekad yang sama bahwa masalah menciptakan Kamtibmas yang kondusif merupakan tanggung jawab bersama antara unsur TNI dan Polri, yang dalam pelaksanaannya diperlukan Soliditas dan Sinergitas yang di dasari oleh UU No. 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia dan Polri yang diatur dalam UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia memang mempunyai Tupoksi yang berbeda.

TNI mempunyai tugas pokok dan fungsi dibidang pertahanan negara sedangkan Polri mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang Kamtibmas dan penegakan hukum, sebelum mengakhiri sambutannya Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel menyampaikan untuk kedepannya dalam rangka mengantisipasi penyebaran terorisme yang bukan hal yang tidak mungkin akan menjadikan daerah Kepulauan Bangka Belitung sebagai Target Operasi, maka perlu ada upaya meningkatkan peran serta masyarakat melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM )serta melalui Perpolisian Masyarakat ( POLMAS ) yang menekankan kemitraan yang sejajar antara Polisi dan masyarakat lokal dalam menyelesaikan setiap permasalahan sosial yang mengancam Kamtibmas di Prov. Kep. Babel ini.

rakortnipolri07Setelah Sambutan dari Wakil Gubernur Prov. Kep. Babel selesai, di lanjutkan dengan Paparan Komandan Kodim 0413 / Bangka dengan judul “Tugas Pokok TNI-AD serta peranannya dalam mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kep. Bangka Belitung”. Adapun point-point penting dalam paparan dimaksud adalah:

  1. Kodim adalah komando pelaksana Korem/Kodam yang bersifat kewilayahan dengan tugas pokok antara lain melaksanakan pembinaan teritorial dan operasi militer selain perang.
  2. Pembinaan teritorial dilaksanakan melalui metode pembinaan perlawanan wilayah, pembinaan kondisi sosial dan bhakti TNI dengan kemampuan teritorial meliputi : kemampuan temu cepat dan lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat, dan kemampuan komunikasi sosial.
  3. Dengan kemampuan teritorial tersebut, Kodim 0413/Bangka membantu Polda Babel dalam deteksi dini dan cegah dini sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat tercipta di wilayah Bangka.

 

rakortnipolri08Sedangkan Paparan Komandan Kodim 0414/Belitung, menambahkan paparan Dandim 0413/Bangka dengan point-point penting sebagai berikut:

  1. Kodim 0414/Belitung membawahi wilayah Pulau Belitung yang dibagi dalam 6 wilayah Koramil sebagai unsur pelaksana di lapangan.
  2. Dalam pelaksanaan tugas binter, Kodim 0414/Belitung melaksanakan prinsif-prinsif, guna memperoleh keterangan secara cepat dan melaporkan dengan tepat, sehingga dapat ditindaklanjuti dalam rangka cegah dini.
  3. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0414/Belitung dalam membantu Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif yaitu sosialisasi dan penyuluhan, patroli gabungan dan ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan kamtibmas.

 

 

 

rakortnipolri09Kemudian Paparan Komandan Lanud Tanjung Pandan dengan judul “Tugas Pokok Lanud Tanjung Pandan serta peranannya dalam mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kep.Bangka Belitung”. Point-point penting dalam paparan tersebut adalah :

  1. Lanud Tanjung Pandan merupakan Lanud yang berada di bawah jajaran Koopsau I.
  2. Tugas Pokok Lanud Tanjung Pandan adalah menyiapkan dan menyelenggarakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah  dan pertahanan dirgantara.
  3. Kesiapan Lanud Tanjung Pandan dalam melaksanakan tugas pokoknya meliputi kesiapan personel, protap, peralatan lapangan, ranmor, senjata dan alat pemadam kebakaran.
  4. Kemampuan yang dimiliki oleh Lanud Tanjung Pandan adalah kemampuan intelejen, kemampuan pertahanan, kemampuan keamanan, kemampuan dukungan dan pemberdayaan wilayah dirgantara.
  5. Dalam rangka mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif, kemampuan dan kesiapan Lanud dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan: patroli udara, membantu penindakan gangguan keamanan / terorisme, search and rescue, penanggulangan bencana, bantuan kemanusiaan serta mendukung tugas-tugas Polri.

rakortnipolri10Sementara Paparan Komandan Lanal Bangka Belitung, Kolonel Laut Umar Arief dengan judul “Tugas Pokok Lanal Bangka Belitung serta peranannya dalam mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kep.Bangka Belitung”. Adapun point-point penting sebagai berikut:

  1. Tugas pokok Lanal Bangka Belitung berkait dengan perannya mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kep. Bangka Belitung adalah penegakan hukum dan keamanan matra laut di wilayah Bangka Belitung, serta pembinaan / pemberdayaan teritorial matra laut.
  2. Dalam rangka pelaksanaan tugasnya, Lanal Bangka Belitung melaksanakan penggelaran kekuatan di sepanjang laut wilayah Bangka Belitung serta berkoordinasi dengan Direktorat Polisi Perairan Polda Kep. Bangka Belitung.

 

 

rakortnipolri11Selanjutnya, Paparan Kapolda Kep. Bangka Belitung dengan judul “Penanggulangan Gangguan Kamtibmas, persfektif sinergitas dan soliditas TNI-POLRI”. Adapun pointes penting dalam paparan tersebut adalah:

  1. Stabilitas kamtibmas merupakan kebutuhan yang hakiki untuk mendukung setiap aktivitas masyarakat dan pembangunan daerah serta menjamin stabilitas politik.
  2. Polri sebagai alat negara yang fungsi, peranan dan tugas pokoknya menjamin keamanan dalam negeri (kamdagri) melalui pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dan menjamin hak asasi manusia.
  3. Sesuai analisis terhadap asfek astagatra, ganguan kamtibmas yang terjadi akan semakin beragam. Untuk mengatasinya diperlukan sinergitas dan soliditas internal Polri maupun sinergitas dan soliditas TNI-POLRI.
  4. Sinergi dan soliditas TNI-POLRI merupakan amanat konstitusi dan amanat undang-undang dalam rangka keberhasilan pelaksanaan tugas bidang pertahanan negara dan keamanan dalam negeri.
  5. Dalam membangun sinergitas dan soliditas TNI-POLRI perlu diatasi dengan koordinasi, komunikasi dan kerjasama antara TNI – POLRI.
rakortnipolri13 rakortnipolri12

Selesai sesi penyampaian paparan, maka peserta di bawa pada sesi diskusi tanya jawab dan saran – saran antar peserta rapat koordinasi TNI dan Polri yang di bawakan oleh moderator Kompol Dr.H.Zaidan.S.AG.M.HUM selaku kordinator sesi tanya jawabnya.

rakortnipolri14 rakortnipolri15

Setelah sesi tanya jawab dan diskusi selesai barulah penekanan dan penutupan rapat koordinasi TNI dan Polri yang di laksanakan oleh Kapolda Kep. Babel.

rakortnipolri16Beberapa kesimpulan dapat diambil antara lain bahwa terdapat kesamaan keinginan untuk menindaklanjuti rapat koordinasi TNI-POLRI di wilayah Kep. Bangka Belitung di tingkat kewilayahan dan jajaran kesatuan masing-masing serta adanya kesepakatan untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-POLRI sebagai suatu kebutuhan dalam menghadapi tantangan tugas untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kep. Bangka Belitung.

Sekitar pukul 13.30 wib Rapat koordinasi TNI dan Polri selesai dan di akhiri dengan menyayikan lagu Bagimu Negeri yang dinyayikan oleh seluruh perserta rapat Koordinasi TNI dan Polri di wilayah Prov. Kep. Babel serta ditutup oleh laporan perwira yang di tunjuk.

Foto Bid Humas

 

Artikel Terkait :

» Buka Musrenbang Polri, Jenderal Idham Azis Minta Optimalkan Anggaran Berbasis Kinerja

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Jakarta. Kapolri Jenderal Idham Azis secara resmi membuka Musrenbang Polri tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual di ruang Pusdalsis, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/6/2020).Kapolri menyampaikan, Musrenbang Polri...

» 1 Anggota Bhabinkamtibmas Polda Kep. Babel Mendapat Penghargaan Kapolri

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Kegigigihan , keiklasan dan kedisiplinan dalam setiap menjalankan tugas hasilnya tidak akan menghianati . Seperti halnya anggota Bhabinkamtibmas Polsek Manggar Polres Beltim Bripka MP Arriansyah dengan kegigihan dan...

» Personel TNI-Polri Untuk Disiplin Hadapi New Normal

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kepolisian Daerah Gorontalo menerjunkan personel TNI-Polri dengan menggunakan becak motor untuk mensosialisasikan Gerakan Pendisiplinan Masyarakat dalam rangka menerapkan protokol kesehatan...

» Kabaharkam Polri Kagum Konsep Kampung Tangguh Semeru

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, memberikan apresiasi atas adanya Kampung Tangguh Semeru di beberapa wilayah di Jawa Timur, salah...

» Kabaharkam Polri Tinjau Kampung Tangguh Semeru

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Setelah melakukan peninjauan ke Rumkit Bhayangkara Polda Jatim, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., beserta rombongan meninjau Kampung Tangguh RW. 12, Dusun Jati Ds....

» Korlantas Polri Siapkan New Normal di Layanan Publik Lalu Lintas

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kamis, 28 Mei 2020. Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono, MH mulai menyiapkan kebijakan layanan publik menyambut New Normal yang tengah disiapkan pemerintah, usai pandemi Covid-19. Hal itu...

» Polri Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kamis, 28 Mei 2020. Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng berhasil mengamankan satu orang tersangka berinisial FP yang diduga terlibat dalam kasus tindak pidana narkotika di Jalan Mahir...

» Polri: Pelayanan SIM dan STNK Masih Ditutup hingga 29 Juni 2020

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Polri memastikan bahwa pelayanan administrasi untuk pengendara berupa Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) masih ditutup...

» Kapolri: Pengerahan TNI-Polri Untuk Edukasi, Bukan Penegakan Hukum

Polda Kep. Bangka Belitungm, Bidang Hubungan Masyarakat - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., menegaskan bahwa pengerahan personel TNI – Polri pada era kenormalan baru (new normal) bukan dalam rangka penegakan hukum. Anggota TNI-Polri...

» Korlantas Polri Siapkan New Normal untuk Layanan Publik Lalu Lintas

Polda Kep. Bangka Belitung, Bidang Hubungan Masyarakat - Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono, MH mulai menyiapkan kebijakan layanan publik menyambut New Normal yang tengah disiapkan pemerintah, usai pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya saat...

Layanan Kiriman Berita

Tidak ingin ketinggalan informasi Polda Babel ?
thumbsup
Setiap ada artikel baru, otomatis dikirimkan ke email Anda. Daftarkan email anda sekarang, lalu aktifkan melalui email Anda, GRATIS

Delivered by FeedBurner

Pencarian