Music Search Engine - Music Search Engine - Music Search Engine
  Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

“JASMERAH” - Jangan Sekali – Kali Melupakan Sejarah

Polda - Spim

khutbah3009201110POLDA KEP. BABEL - Marilah kita senantiasa berusaha menjadi hamba Allah yang patuh dan taat sebagai bentuk dari Iman dan Taqwa kita kepada Allah Azza wa Jalla. Sungguh amat bangga penuh sukacita melihat saudara – saudara kita berdakwah dengan ajaran  agama yang mengandung nasihat – nasihat, pesan – pesan dan pelajaran yang baik tentang agama. Salah satunya adalah pada saat shalat Jumat berjamaah di Masjid Jami’ Al-Ichsan Kel. Lontong Pancur Pangkalbalam tanggal 30 September 2011 yang diikuti oleh Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol Drs. M.Rum Murkal, Dir Polair, Kapolres Pangkalpinang beserta anggota polri Polda Kep. Babel dan jajaran .

Hal yang menarik ditemukan pada saat jemaah mendengarkan khutbah Jum’at oleh khatib Ustadz Asman yang isi khutbahnya patut menjadi bahan renungan khususnya para jamaah yang hadir dan para umat muslim, berikut khutbah yang disampaikannya :

khutbah3009201107

khutbah3009201108Sebagaimana pada hari ini kita bersama – sama melaksanakan sholat Jumat sebagai perwujudan dari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, seraya meningkatkan segala perbuatan yang diperintahkanNya dan rosul kekasihNya serta berusaha meninggalkan sejauh-jauhnya segala apa yang di laranganNya dan RosulNya.

Para hadirin yang berbahagia dan dimuliakan Allah..

Dua hari telah berlalu dari hari yang amat sangat bersejarah bagi negara & seluruh bangsa Indonesia yaitu tanggal 1 Oktober yang kita kenal sebagai hari Kesaktian Pancasila. Sebagaimana di tandaskan dalam pembukaan Undang-undang 45 Alinea ke-4 bahwa dasar negara Republik Indonesia adalah “Pancasila”. Dan dia lahir dari konsep piagam Jakarta yang sudah direnovasi dan diperbaiki. Ternyata pancasila yang telah kita jadikan sebagai dasar negara kita ini bukan sekedar semboyan, slogan, dicoretion only atau lipstic of our state tapi dia merupakan konsensus nasional, perjanjian luhur, falsafah negara dan cermin dari kepribadian bangsa Indonesia yang “Bhineka Tunggal Ika”.

Hadirin yang dimuliakan Allah...

Oleh karena itu dalam kurun waktu 3 (tiga) dasa warsa Pancasila tetap jaya dan tak tergoyahkan oleh kekuatan apapun dan manapun. Walaupun di selah perjalanan Eksestensi Pancasila, seringkali bahkan berkali – kali mengalami gangguan dan rintangan yang sangat berbahaya, bahkan hampir fatal, bagi stabilitas dan keselamatan bangsa maupun negara yang kita cintai ini. Diantaranya tergores dalam sejarah, yaitu :

-     pemberontakan PKI (Partai Komunis Indonesia) di Madiun 1948
-     pemberontakan DI / TII tahun 1949 – 1962
-     dan yang paling dasyat dan menyakitkan yaitu pemberontakan G 30 S/PKI tanggal 30 September 1945.

khutbah3009201109Pemberontakan demi pemberontakan yang akan mengubah eksestensi / keberadaan negara Indonesia yang berdasarkan pancasila dan bertekad juga untuk mengartikan ideologi pancasila dan kultur pancasilais dengan ideologi komunis yang atheis, diganti dengan ideologi marxisme, sekulerisme dan dengan paham – paham ekstrim yang lainnya. Alhamdulillah berkat pertolongan Allah Aza Wa Jalla dapat digagalkan, ditumpas dan dikikis sampai habis.

Walaupun, setelah sekian banyak masyarakat yang tidak berdosa dianiaya, kiai, ulama, aparat pemerintah, pamang desa banyak yang dibunuh, dipenggal kepalanya dilemparkan ke kali dan yang terakhir 7 (tujuh) jenderal pahlawan revolusi di kubur ke dalam sumur dan mereka tewas mengenaskan.

Sidang Jum’at yang dirahmati Allah,

kita harus banyak bersyukur kepada Allah SWT, karena dijadikan kita Bangsa Indonesia, bangsa yang semangat, bangsa yang penuh dedikasi dalam revolusi, dan itu patut kita banggakan...

Mengapa saya katakan seperti itu,

-          karena tidak ada dalam sejarah perjuangan suatu bangsa di dunia ini, dalam kurun waktu beberapa jam menewaskan 7 Jenderal dalam pertempurannya, hanya untuk membela sebuah ideologi demi kelangsungan hidup suatu bangsa dan tegaknya suatu negara.

-          Tidak ada kita dengar dalam sejarah perjuangan suatu bangsa dan negara di dunia ini dalam seperempat malam bisa menewaskan 7 pahlawan revolusi yang tubuhnya di sayati, wajahnya dan tubuhnya disiksa dan dianiaya serta dimasukkan ke dalam sumur, demi untuk sebuah ideologi yang sudah di sepakati demi kesinambungan hidup suatu bangsa dan tegaknya suatu negara.

“Kecuali Bangsa dan Negara Indonesia yang berideologi Pancasila ini”

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah.

Tak henti – hentinya kita bersyukur kepada Allah SWT, karena berkat  rahmat & inayah Dia jualah, ulama, para kiai dan santrinya, dan para pahlawan kita bisa menumpaskan dan menenggelamkan ideologi komunis yang atheis, politik komunis yang sadis dan bengis.

Sungguh tidak bisa dibayangkan, bagaimana sadis dan bengisnya PKI yang jika kemudian berhasil mengkomuniskan bangsa Indonesia kala itu.

Barangkali banyak generasi – generasi, anak – anak cucu kita bahkan kita sendiri yang kufur, murtad dan bingung kemana harus menyembah, dan bingung kemana harus beribadah. Mungkin banyak tua dan muda beraliran bahwa, harta orang harta dia, ladang orang ladang dia, istri orang istri dia. Kalau sudah begini jangan harap kita dapat hidup damai, tentram dan aman. Yang ada mungkin murka, laknat azab dari Allah SWT.

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah...

Pada kesempatan yang baik di bulan Oktober ini, saya mengajak kepada kaum muslimin umumnya dan para hadirin sidang jumat khususnya untuk menela’ah apakah ada kesamaan isi kandungan pancasila dengan dasar – dasar hukum agama islam yaitu Al-Quran dan Al Hadist.

Kita kaitkan sila pertama dari pancasila yang berbunyi “Ketuhanan yang maha Esa”, ternyata telah dijelaskan dan ada di dalam Al-Qur’an  surat Al-Baqarah ayat (163) yang berbunyi :

khutbah3009201101

Demikian juga sila ke-dua yang berbunyi  “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Ada dalam Al-Qur’an surat Al-Hujuraat ayat (13), dikatakan :

khutbah3009201102

Dan ditandaskan lagi dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam bukhori dan Muslim yang berbunyi :

khutbah3009201103

“la yu’ minu ahadukum hatta yuhibbu li akhihi, ma yuhibbu linafsih”

(tiada beriman seorang kamu hingga dia mengasihi saudara seperti dia mengasihi dirinya)

Selanjutnya sila yang ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”, Islam mengajarkan antara lain dalam Surah Ali Imran ayat (103) :

khutbah3009201104

Kemudian sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam permusyarawatan /perwakilan”. Islam mengajarkan dalam Ali Imran ayat (159) yaitu :

khutbah3009201105

Yang terakhir sila kelima “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, Islam juga mengajarkan dalam surat An-Nahl ayat (90) yang berbunyi :

khutbah3009201106

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah,

Demikianlah sila demi sila yang terdapat dalam Pancasila itu, sungguh merupakan sebagian ajaran dari Islam dan insya Allah tidak bertentangan dengan Islam. Mengapa demikian ? Karena Pancasila sejalan dengan agama Islam, dan merupakan produk dan sumbangan umat islam kala itu untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini dan merupakan warisan dari orang tua, bapak, kakek dan saudara kita yang mayoritas mereka seagama dan seaqidah dengan kita.

khutbah3009201111Oleh sebab itu, kita sebagai umat islam yang harus maju digaris terdepan untuk membela tanah air dan mempertahankan dan melestarikan pancasila saat sekarang ini, sehingga jangan sampai justru umat islam itu sendiri yang akan menghancurkannya.

Mudah-mudahan hari Kesaktian Pancasila yang baru dua hari berlalu itu mengingatkan kita kaum muslimin khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya untuk selalu mawas diri dan lebih waspada lagi, agar tidak terulang yang kedua kalinya. Untuk itu mari kita bersama – sama mengamalkan pancasila ini secara konsekuen dan ikhlas seraya tetap berpegang pada ajaran Rasulullah yang tertuang dalam Al-Quran dan Al-Hadist. Agar kita selalu mendapat rahmat, hidayat dan Inayah dari Allah SWT dan Indonesia negara kita akan selalu mendapatkan Rhido dan Ampunan Allah SWT.

Amin ya Rabbal Alamin.

Wassalamualaikum, Warahmatullah Wabarakatuh.

Foto
Artikel Terkait :

» Wakapolri: Tni/ Polri Serta Elemen Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

Polda  Kep. Babel, Bid Humas,_ Tim Gabungan pengamanan Pilpres 2019 baik dari Polri dan TNI melaksanakan simulasi sispamkota Pilpres cawapres dan Pilleg 2019 bertempat di Halaman Apel kantor gubernur prov. Babel. Kegiatan tersebut dihadiri langsung...

» Sejarah Singkat Polisi Wanita Republik Indonesia

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan yang melibatkan kaum...

» Kapolri Minta Masyarakat Jangan Mudah Percaya Berita “Hoax”

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai kabar akan terjadinya gempa besar pada 26 Agustus 2018....

» Kapolsek Mentok Himbau warga Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Polda kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Kapolsek Mentok mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Terutama tiba saatnya sudah memasuki musim kemarau, meskipun sepele namun dapat menyebabkan kebakaran.Selasa 31 Juli...

» Sejarah Kepolisian Republik Indonesia Dibentuk

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Polri selalu merayakan tanggal sakralnya 1 Juli setiap tahun, ini merupakan sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari Brimob karena satuan inilah yang mengawali sejarah Polri dan sebaliknya Brimob merupakan salah satu...

» Arus Balik, Polisi Berlakukan One Way Terpanjang Dalam Sejarah Mudik di Indonesia

Polda Kep. Bangka Belitung, bid Humas.- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi kepadatan arus balik para pemudik. “Di antaranya contra flow dan one way. Tadi malam itulah one way...

» Safari Ramadhan “ Jangan Terpengaruh Paham Radikalisme”

Polda Kep. Bangka Belitung, Bid Humas – Tanjung pandan, Kunjungan Safari Ramadhan Kapolda di Pulau Belitung dimanfaatkan Kapolda untuk mengunjungi Pulau Selat Nasik dan berjumpa dengan Masyarakat mendanau Kec. Selat Nasik, sebelum berjumpa dengan...

» Wakapolres, Jangan Mudah Percaya Berita di Sosmed

Polda Kep. Babel, Bid Humas,- Dalam momentum Bulan Ramadhan kali ini Polres Bangka mengadakan kegiatan Safari Ramadhan, hari ini Selasa (22-5) yang bertepatan hari ke -6 puasa Masjid Al Mujahidin Linkungan Pepabri Sungailiat mendapat giliran...

» Jangan Karena Beda Pilihan, Hoaxs Merajalela

Polda Kep. Bangka belitung, Bid HUmas.- Indonesia adalah negara yang besar dan makmur dimana sumber alam yang melimpah serta potensi manusia yang beraneka ragam suku dan budaya merupakan anugrah tak terhingga dari allah sang maha pencipta. Banyak...

» Ulama Besar Turki, Prof. Dr. Syaikh Muhammad Fadil Al-Jaelani : Bersikap Jujurlah Kepada Siapapun dan Jangan Berbohong

Polda kep. Bangka Belitung, Bid Humas.- Pangkalpinang; Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri bersama Wakapolda Kombes Pol Tantan Sulistyana dan para Pejabat Utama Polda telah menghadiri Majelis Thoriqoh Al-Qidiriyah di Pondok Pesantren...

Kapolda


Drs. SYAIFUL ZACHRI, M.M.
Brigadir Jenderal Polisi

Pendapat Anda

Menurut Anda Berita Kami

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini383
mod_vvisit_counterKemarin1171
mod_vvisit_counterMinggu ini9184
mod_vvisit_counterMinggu lalu5763
mod_vvisit_counterBulan ini29311
mod_vvisit_counterBulan lalu23434
mod_vvisit_counterTotal4712479

Online (20 menit yg lalu): 15
IP Anda: 54.198.103.13
,
Sekarang : 2018-09-26 11:49
Kami memiliki 34 tamu online
Website

Polda Babel

thanksyou

Terimakasih kepada semua pihak atas kritik dan saran yang membangun website ini, tetap berikan dukungan agar website semakin memberikan informasi cepat dan tepat