Visi Polda Babel : Tercapainya pelayanan kamtibmas yang prima, tegaknya hukum dan terwujudnya keamanan yang mantap di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif dengan seluruh unsur dan komponen Pemerintah dan masyarakat

Kapolres Beltim Datangi Warga Kampung Juru

Polres - Belitung Timur

kapolreskunjungdesajuru1105201101POLDA KEP. BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR - Manggar, 09 Mei 2011, pukul 19.30 Wib, Kapolres Beltim AKBP Rajendra Sumihar mendatangi warga Kampung Juru Desa Baru Kec.Manggar Kab.Beltim, bukan dikarenakan ada sesuatu masalah yang menimpa atau berkaitan dengan warga setempat, namun Kapolres Beltim yang di damping langsung oleh Wakapolres Beltim Kompol Hadi Poerwanto, SIK dan Kasat Binmas Iptu Koirudin.HW menyempatkan diri untuk berdialog dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat yang berkaitan dengan permasalahan hukum dan segala sesuatu urusan atau kepentingan masyarakat dengan Polri yang sudah di atur dalam Undang-undang dan menjadi kewenangan Polri.

Kunjungan Kapolres Beltim dan rombongan tersebut memang sudah dijadwalkan yang di atur oleh Sat Binmas, hal itu pun memang atas keinginan Kapolres Beltim sendiri untuk bertemu / bertatap muka langsung dengan warga. Tentunya keinginan Kapolres tersebut disambut baik sekali oleh Kades, Kadus dan perangkat Desa setempat. Seperti yang dikatakan oleh Kades Desa baru, “sebile agik nak ketemu langsung kan Kapolres kite, dengan kesibukan belau yang banyak gawe e, tapi belau agik nak nyempatek waktu nak ketemu kan warga kamek, pasti kamek senang benar”. Pertemuan Kapolres Beltim dengan warga Kampung Juru berlangsung selama dua jam, dengan dihadiri oleh Kades Desa Baru, para Kadus, Ketua Rt dan Rw Desa Baru Kec.Manggar.

Kunjungan Kapolres Beltim kali ini agak sedikit berbeda, tidak hanya berdialog atau Kapolres Beltim memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat, namun masyarakat pun di sajikan hiburan yang telah dipersiapkan oleh Polres Beltim, walaupun dalam nuansa yang santai dan sederhana tersebut, antusias warga setempat sangat besar untuk melihat langsung wajah seorang Kapolres Beltim yang terkenal dimata masyarakat dengan keramahan, canda namun tetap tegas dan arif dalam memimpin di wilayah hukum Kab.Beltim. Warga pun ingin bertanya dan menyampaikan langsung keluh kesah permasalahan yang mereka hadapi dalam keseharian hidup, karna mereka juga merasa takut jika terbentur dengan permasalahan hukum.

Tanpa membuang waktu lama, setelah kata sambutan dari Kades Desa Baru yang mana sempat menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan merasa bangga mempunyai Kapolres di wilayah Kab.Beltim yang mau turun langsung bertemu dan berdialog dengan masyarakat, walaupun dari penyambutan mungkin masih terkesan kurang pantas. Namun warga sangat mengharapkan petunjuk dan bimbingan hukum dari Kapolres Beltim, agar masyarakat mengetahui sedikit banyaknya tentang aturan hukum yang sepatutnya tidak lagi dilanggar oleh masyarakat. Dalam arahannya Kapolres Beltim mengatakan, sudah tugas dan tanggung jawab seluruh personil Polri untuk memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan dan penegakan hukum yang berlandaskan atas azaz keadilan, tanpa memandang siapa dan apa pangkat serta kedudukan jabatan dari personil Polri tersebut.

kapolreskunjungdesajuru1105201102 kapolreskunjungdesajuru1105201103

Kapolres Beltim juga menyampaikan tentang aturan hukum dan pengertian kenapa ketika berkendaraan khususnya roda dua kita semua wajib untuk memakai helm, menggunakan kaca spion yang benar, menghidupkan lampu utama kendaraan, membawa surat kelengkapan sebagai identitas legal dari kendaraan tersebut dan SIM sebagai identitas yang sah bagi si pengemudi kendaraan. Kapolres Beltim sangat tidak menginginkan masyarakat selalu terbentur hukum dengan permasalahan yang sama seperti ketika menggunakan kendaraan, yang mana seharusnya hal tersebut memang sudah diketahui seluruh masyarakat untuk dipatuhi dan dipenuhi apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan menggunakan kendaraan.

Dari pihak Polres Beltim bukanlah suatu kebanggaan ketika hasil perekapan tilangkendaraan yang dilakukan oleh Sat Lantas justru mendapati peningkatan dari jumlah berkas tilang. Berarti hal tersebut sebagai tolak ukur sampai dimana keberhasilan kita dalam melakukan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat, begitupun tingkat kesadaran masyarakat untuk mematuhi hukum yang berlaku.

Antara Polri dan masyarakat harus ada kesinambungan yang bisa menerapkan antara peran dan fungsinya dengan benar, harus juga disertai dengan kerja sama yang sinergis, karna Polri adalah mitra masyarakat dan masyarakat memegang peranan penting dalam pelaksanaan tugas Polri untuk lebih professional. Polri bukan untuk ditakuti masyarakat, namun Polri adalah teman, rekan dan sahabat dekat masyarakat yang tidak bisa dipisahkan, jadi kenapa antara Polri dan masyarakat harus ada penindakan hukum yang tegas jika masyarakat dan Polri sama-sama saling mendukung dan membantu untuk mematuhi dan menjalankan aturan hukum yang berlaku dengan benar.

kapolreskunjungdesajuru1105201104kapolreskunjungdesajuru1105201105

Kapolres Beltim juga menambahkan, jika ada masyarakat yang kurang mengerti dan kurang jelas tentang aturan hukum yang mungkin akan bersinggungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, silahkan datang langsung atau sampaikan permintaan untuk diberikannya penyuluhan masalah hukum tersebut ke Polres Beltim, Polres Beltim juga akan senantiasa menerima pengaduan dari masyarakat, baik tentang masalah tindak pidana ataupun informasi dan akan segera ditindak lanjuti.

Untuk masalah SIM, Kapolres Beltim menghimbau kepada masyarakat untuk segera mengajukan permohonan penerbitan SIM di Polres Beltim, jika segan untuk datang sendiri, silahkan ajukan secara kolektif dengan difasilitasi oleh Kepada Desa. Kami mengerti, jika masyarakat mau datang ke Polres Beltim pada pagi hari untuk membuat SIM mungkin tidak sempat, karna harus bekerja dan pulangnya sore, beritahukan kepada pihak kami kapan atau jam berapa sempatnya secara kolektif, kami akan atur jadwal dan kami akan tunggu, memang sudah tugasnya kami untuk memberikan pelayanan yang prima dan baik kepada masyarakat.

Setelah Kapolres Beltim menyampaikan arahannya, dibuka session tanya jawab, ada beberapa masyarakat yang menyampaikan pertanyaan seperti saudara Sudiman (Ketua Rt.3) yang menanyakan “Kenapa pada waktu siang hari sekarang harus menghidupkan lampu kendaraan? padahal dulu lampu kendaraan yang dihidupkan pada siang hari digunakan pada saat tertentu, seperti mengantar orang sakit, mengantar orang meninggal dunia, pada saat hujan atau cuaca gelap”. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Kapolres Beltim, sekarang ini memang lampu utama kendaraan harus tetap dihidupkan siang dan malam hari, fungsi dari pada menghidupkan lampu tersebut sudah disurvei dan di uji coba untuk menekan tingkat kecelakaan kendaraan, tidak setiap pengendara kendaraan dapat dengan baik mengendalikan konsentrasi dan kesiagaannya ketika dihadapkan dengan situasi yang mendadak, seperti dijalan tikungan yang tertutup dahan pohon yang cukup rimbun, atau ketika melalui jalan yang mempunyai gang-gang, tidak menutup kemungkinan akan ada kendaraan yang akan keluar dari gang tersebut, sedangkan kendaraan kita masih agak jauh dari gang yang akan kita lalui, disinilah fungsi dari lampu utama kendaraan tersebut, tentunya jika sudah melihat cahaya lampu kendaraan kita dari jauh, kendaraan lain akan berhati-hati untuk memacu kendaraannya, karna secara otomatis pengendara lain tahu bahwa ada pengendara kendaraan lain yang menggunakan jalan raya tersebut, bukan hanya dirinya sendiri.kapolreskunjungdesajuru1105201106kapolreskunjungdesajuru1105201107

Kehati-hatian tersebutlah yang seharusnya memang dimiliki oleh setiap pengendara akan mampu menekan tingkat kecelakaan, dengan jalan diberikan tanda hati-hati melalui lampu utama kendaraan yang berwarna kuning. Kapolres menghimbau untuk masalah lampu utama kendaraan, jangan diganti dengan warna lain apalagi yang bisa menyilaukan mata pengendara lain. Tetap saja gunakan lampu kendaraan yang sudah standar dari pabrik yang sudah memiliki kelayakan uji kendaraan.

Di akhir penutup acara, Kapolres Beltim mengajak masyarakat Kampung Juru Desa Baru untuk bermitra dan menjaga kemitraan dengan Polri, untuk memberikan wadah atau sarana pertemuan Polri dan masyarakat dengan warga setempat tentunya harus ada tempat yang memadai. Dalam hal ini, Kapolres Beltim meminta kesediaan perangkat Pemerintahan Desa untuk membangun Balai Polmas agar mempermudah hubungan antara Polri dan masyarakat, jika masyarakat akan menyampaikan saran, pesan dan kritik yang membangun atau memberikan informasi tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Polres atau ke Polsek setempat walaupun jaraknya untuk diwilayah Kab.Beltim tidak tertalu jauh. Setelah ditutup dengan doa, dilanjutkan kembali dengan acara hiburan.

Foto Humas Polres Belitung Timur
Artikel Terkait :

» Polres Beltim Melaksanakan Olah Raga Bersama Dengan Bhayangkari, Pemerintah Daerah Kab. Beltim

POLDA KEP. BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, 26 September 2014 sekira pukul 07.30 Wib Polres Belitung Timur melaksanakan Olah Raga bersama dengan Bhayangkari, Pemda Kab. Beltim dan Instansi samping di halaman Mako Polres Belitung Timur. Olah...

» Pelamar CPNS Di Kab.Beltim Justru Lebih Banyak Dari Luar Pulau Belitung

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar,– Kabupaten Belitung Timur (Beltim) ternyata masih cukup diminati para Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khususnya yang berasal dari luar Pulau Belitung untuk mengadu peruntungan ikut...

» Kapolres Bangka Beri Penghargaan Kapada Anggotanya Yang Berprestasi

POLDA KEP. BABEL, POLRES BANGKA – Rabu (17/9) setelah upacara bulanan dilaksanakan di halaman Mako Polres Bangka upacara pemberian piagam penghargaaan di laksanakan, kegiatan tersebut di ikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran serta anggota...

» Porprov IV 2014 Sukses, Polres Beltim Terjunkan 305 Personil Keamanan

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar,– Perhelatan akbar 4 tahun sekali, Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kepulauan Bangka-Belitung IV di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akhirnya resmi ditutup. Gubernur Babel Rustam Effendi yang...

» Dana Honor Panpel Porprov IV 2014 Beltim Cair

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar –Saat yang dinanti panitia pelaksana Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) akhirnya tiba. Dana pelaksanaan yang sebelum ini terus menjadi tanda tanya, akhirnya...

» Polres Beltim Kerahkan 305 Personil Gabungan Amankan Pembukaan Dan Penutupan Porprov IV 2014

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar,– Panitia Pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Bangka-Belitung mengundang masyarakat umum untuk menyaksikan seluruh pertandingan serta acara pembukaan dan penutupan Porprov...

» Ketua Umum Porprov 2014 Beltim, Tinjau Langsung Dapur Umum

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar,– Wakil Bupati Belitung Timur Zarkani Mukri meninjau kondisi dan aktivitas di dapur umum konsumsi kontingen dan panitia kegiatan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kepulauan Bangka-Belitung IV di...

» Kapolres Ajak Para Kaling Dan Kadus Untuk Bersama Jaga Kamtibmas

POLDA KEP. BABEL, POLRES BANGKA – Polres Bangka Rabu (10/9) mengumpulkan kaling dan kadus se Kabupaten Bangka di Aula Polres Bangka, selain dihadiri oleh para kaling dan kadus juga dihadiri oleh Kepala Kesbang Linmas, Ketua FKPM, Kapolsek Jajaran...

» BKD Beltim Buka Pendaftaran CPNS 10 September 2014

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar,– Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akhirnya memberikan jawaban pasti kapan dimulainya tahapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Beltim. Seperti...

» Beltim Mulai Marak Modus Penipuan Yang Mencatut Nama Pejabat

  POLDA KEP.BABEL, POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, –  Penipuandengan modus mengaku Bupati Belitung Timur (Beltim) dr. Basuri Tjahaja Purnama, kembali terjadi. Kali ini, pengusaha yang akan berinvestasi di bidang pariwisata di Beltim nyaris...

Kapolda


Drs. GATOT SUBIYAKTORO
Brigadir Jenderal Polisi

Pendapat Anda

Menurut Anda Berita Kami

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2992
mod_vvisit_counterKemarin3138
mod_vvisit_counterMinggu ini14611
mod_vvisit_counterMinggu lalu17108
mod_vvisit_counterBulan ini6130
mod_vvisit_counterBulan lalu72184
mod_vvisit_counterTotal2287827

Online (20 menit yg lalu): 36
IP Anda: 54.80.19.102
,
Sekarang : 2014-10-02 23:32
Kami memiliki 108 tamu online
Website

Polda Babel

thanksyou

Terimakasih kepada semua pihak atas kritik dan saran yang membangun website ini, tetap berikan dukungan agar website semakin memberikan informasi cepat dan tepat