BerandaBid HumasSatpolair Polres Bangka Barat Evakuasi Kapal Express Bahari

Satpolair Polres Bangka Barat Evakuasi Kapal Express Bahari

Polda kep. Babel, Bidang Hubungan Masyarakat,- Kapal cepat Express Bahari yang mengangkut 112 penumpang terpaksa harus dievakuasi anggota Sat Polair Polres Bangka Barat karena mengalami kerusakan mesin, Senin ( 13/9 ) siang.

Kapal yang bertolak dari Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok menuju Palembang tersebut dievakuasi di seputaran perairan Karang Aji Muntok dengan koordinat 02.05.875 S – 105.06.558 E .

Menurut Kasat Polair Polres Bangka Barat, AKP Candra Wijaya, kapal cepat itu baru berlayar sekitar satu jam, namun mengalami kerusakan mesin sehingga tidak dapat melanjutkan pelayarannya.

” Sekira pukul 13.30 WIB kapal cepat Express Bahari mengalami kerusakan atau trouble mesin dikarenakan patah as profiller. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan keselamatan pelayaran, maka nakhoda kembali ke dermaga Tanjung Kalian Muntok,” ujar Candra.

Pihaknya menurunkan enam orang personel guna membantu proses evakuasi kapal berikut penumpangnya. Menurut Candra, kapal tersebut masih bisa berjalan sendiri sehingga tidak terlalu sulit untuk membawanya kembali ke Tanjung Kalian.

” Kapalnya bergerak sendiri karena masih bisa jalan dengan menggunakan satu mesin,” ujarnya.

Candra menerangkan, 112 penumpang terdiri dari 97 orang dewasa, 7 anak – anak, 8 balita serta 11 ABK.

Setelah dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Kalian, sebanyak 82 orang penumpang memutuskan untuk melanjutkan penyeberangan dengan
menggunakan KMP. Mutis.

” Sementara 30 orang lainnya masih menunggu jadwal penyeberangan pada hari Rabu tanggal 15 September 2021 sesuai jadwal keberangkatan kapal cepat,” tutup Candra.

Berita Lainnya